Gempa berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan, Kamis (13/12/2018) sekitar pukul 10:00 WITA

Gempa 3,4 SR Guncang Luwu Utara

Kamis, 13 Desember 2018 | 11:50 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

LUWU UTARA, GOSULSEL.COM — Gempa berkekuatan 3,4 Skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Luwu Utara Sulawesi Selatan, Kamis (13/12/2018) sekitar pukul 10:00 WITA.

Plt Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah IV Makassar, Joharman mengatakan pusat gempa berada di darat 13 kilometer Timuu Laut Kecamatan Baebunta.

“Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi berkekuatan 3.4 Skala Richter. Lokasi pusat gempa berada di darat, 13 KM Timurlaut Kec. Baebunta Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan, pada koordinat 2.68 LS – 120.29 BT pada kedalaman 10 km,” katanya.

Joharman juga menjelaskan bahwa gempa bumi terjadi akibat adanya aktivitas sesar yang terdapat di wilayah Kabupaten Luwu Utara. Guncangan gempa teresebut dapat dirasakan hingga Masamba namun tidak berpotensi tsunami.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, menunjukkan bahwa gempabumi dangkal ini terjadi akibat aktivitas Sesar Lokal yang terdapat di wilayah tersebut. Guncangan gempabumi dirasakan di Masamba II MMI. Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” jelasnya.

Joharman juga meminta masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG karana Gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.(*)