Komisioner Bawaslu Sulsel, Syaiful Jihad.

Bawaslu Awasi Kotak Suara di KPU seSulsel, Ini 3 Poin Penting

Selasa, 18 Desember 2018 | 16:50 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Selatan menginstruksikan kepada semua jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota untuk melaksanakan pengawasan serentak kondisi kotak suara di KPU masing-masing, Selasa (18/12/2018).

“Bawaslu menginstruksikan kepada semua jajaran Bawaslu di Kabupaten Kota agar hari ini, Selasa tanggal 18 Desember melakukan pengawasan sekali lagi,” kata komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad.

Dia mengatakan pengawasan ini dilakukan untuk memastikan keamanan kotak suara, termasuk tempat penyimpanannya.

“Untuk memastikan kondisi dan keamanan kotak suara yang tersimpan di gudang KPU,” imbuhnya.

Bawaslu Sulsel juga merencanakan akan turun langsung ke KPU tingkat Kabupaten/Kota, yakni ke kantor dan gudang tempat penyimpanan logistik KPU.

Dijelaskan lebih jauh bahwa ada tiga poin fokus pengawasan Bawaslu saat ini. Pertama, terkait dengan tempat penyimpanan, apakah diruang terbuka atau tertutup, serta bagaimana kondisi ruangan atau gudang tersebut.

“Kedua, apakah tempat tersebut aman dari rendaman air, apakah di tempat yang ditinggikan. Ketiga, apakah kotak suara tersebut dipastikan terbungkus dengan plastik, sehingga aman,” ujarnya.

Masih lanjut Saiful, karena semua logistik disimpan di KPU Kabupaten/kota, maka pengawasan Bawaslu berbasis kabupaten/kota.(*)


BACA JUGA