Presiden Jokowi Menghadiri Perayaan Natal Oikumene di Tana Toraja, Minggu (23/12)
#

Jokowi Hadiri Perayaan Natal di Tana Toraja, Ini Pesannya ke Umat Kristiani

Minggu, 23 Desember 2018 | 16:45 Wita - Editor: Irwan AR -

TORAJA, GO CAKRAWALA – Kunjungan Kerja Presiden RI, Joko Widodo di Tanah Toraja untuk menghadiri perayaan Natal Oikumene Minggu (23/12).

Presiden RI, Jokowi memulai sambutannya dengan memberikan ucapan keselamatan kepada Umat Kristiani.

“Umat Kristiani di sini, semoga damai di Toraja, di Sulawesi dan negara kita, perlu saya sampaikan bahwa negara kita ini adalah negara yang sangat besar, ada 260 juta jiwa yang hidup di 17.000 pulau, 514 kab/kota dan 34 provinsi,” ucap Jokowi.

“Kita dianugerahi oleh Tuhan dengan begitu banyak perbedaan, bermajemuk, perbedaan warna warni, berbeda-beda agama, suku, adat, tradisi, dan bahasa daerah. Inilah negara kita Indonesia,” lanjutnya.

Jokowi pun mengajak untuk merawat kebersamaan di depan masyarakat Toraja. Saya mengajak kepada kita semua untuk terus merawat kerukunan dan memelihara persaudaraan, karena kita semua adalah saudara sebangsa dan setanah air.

Menurut Presiden RI, ini adalah hal yang sangat berharga. Dan aset terbesar kita adalah persatuan, maka saya terus mengajak untuk menjaga, merawat kerukunan dan persatuan kita.

Jokowi pun menuturkan perasaannya yang sudah lama ingin berkunjung ke Toraja.

“Sebetulnya saya sudah lama ingin ke Tanah Toraja ini, tetapi baru terlaksana pagi hari ini. Saya senang sekali hari ini bisa berhadapan langsung dengan seluruh rakyat, masayarakat Toraja dan seluruh tokoh adat masyarakat agama Ketua BPS Gereja toraja, dan saya hormati Uskup Agung, Keuskupan, dan saya hormati Ketua MUI toraja,” ungkapnya.

Presiden RI, Jokowi pun sangat senang sekali karena dirinya bisa bertemu dan berkumpul bersama masyarakat Tana Toraja dalam keadaan sehat walafiat dan berbahagia.

“Terakhir saya ingin mengajak kita bersama untuk bekerja mewujudkan toleransi kita, agar kita hidup dengan penuh kasih, suka cita, serta damai dan sejahtera,” pungkasnya.(*)

(Kontributor Gocakrawala: Adji Sukman)