Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Maros melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi, OKP dan insan relawan yang ada di Maros. Dimana, koordinasi tersebut dilakukan di warkop Bagas Kopi Maros, Rabu (26/12/2018)
#

Tanggap Bencana, PMI Maros Gelar Koordinasi Dengan Relawan

Rabu, 26 Desember 2018 | 17:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Di Hari Sukarelawan Nasional, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Maros melakukan koordinasi dengan sejumlah instansi, OKP dan insan relawan yang ada di Maros. Dimana, koordinasi tersebut dilakukan di warkop Bagas Kopi Maros, Rabu (26/12/2018).

Dalam giat ini diangkat tema karena bencana adalah tanggung jawab bersama. Hal itu, mengingat bahwa saat ini khususnya di Kabupaten Maros, sudah memasuki musim penghujan. 

pt-vale-indonesia

Dimana, setiap tahunnya saat memasuki musim penghujan seringkali terjadi peristiwa pohon tumbang, puting beliung ataupun bencana banjir di sejumlah Kecamatan yang ada di Maros. 

Sehingga, koordinasi yang diinisiasi oleh PMI Maros ini dianggap sangat perlu dilakukan sebagai bentuk upaya dalam mengantisipasi dan siaga bencana sejak dini. 

Ketua PMI Maros Chaidir Syam, mengatakan bahwa semangat sukarelawan mesti dijaga. Di momentum ini ia pun mengajak seluruh audiens yang hadir agar terus intens melakukan koordinasi yang baik agar peristiwa atau bencana bisa diantisipasi bersama dengan baik. 

“Koordinasi yang baik akan menciptakan tim yang baik pula dalam tanggap bencana ataupun peristiwa. Akhir-akhir ini sejumlah wilayah di Kabupaten Maros tengah terjadi pohon tumbang dan sebagainya. Hal ini, mesti kita tanggap secara bersama agar secepatnya kita bisa melakukan pemulihan,” katanya. 

Dalam koordinasi relawan ini turut hadir yakni KSR-PMI Unit Markas Kabupaten Maros, BPBD Maros, Dinas Sosial, Dinas PU, Dinas Kesehatan, BLH Maros, UPT Damkar, Polres, Kodim 1422, SAR, Pramuka Peduli, LPA HPPMI Maros, Tomaru JIP Maros, BPK Oi Maros, TAGANA Maros, OPA TRANS, KPA Katro Maros, HMI Cabang Maros, KNPI Maros, Pemuda Pancasila, HPPMI Maros, Karang Taruna, ORARI, Laskarpala, IPM, PMII, KAHMI Maros, PPI Maros, BEM Universitas Muslim Maros, BEM Stikes Salewangang, BAN Kompol, PPNI Maros, IOF, FKDDM Maros, IBM, MRI ACT Maros, Guru Untuk Bangsaku, dan Maros Berbagi, Siaga Bencana dan insan pers.(*)