Suasana rapat Pansus I DPRD Gowa, yang membahas Ranperda Gowa sebagai Kabupaten Pendidikan, Kamis (27/12/2018)

Pansus I DPRD Gowa Bahas Ranperda Gowa Sebagai Kabupaten Pendidikan

Kamis, 27 Desember 2018 | 19:43 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Dewan Perwakilan Rakayat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa melalui Panitia Khusus (Pansus) I menggelar rapat pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Gowa Sebagai Kabupaten Pendidikan, Kamis (27/12/2018).

Rapat tersebut dipmpin langsung oleh Ketua Pansus I DPRD Kabupaten Gowa, Abdul Rasak dan dihadiri Sekretaris Pansus I, beberapa anggota Pansus, Kepala Dinas Pendidikan, Abdul Salam dan Kabag Hukum Pemerintah Kabupaten Gowa.

pt-vale-indonesia

Abdul Rasak yang membacakan maskah akademik Ranperda tersebut mengatakan bahwa Ranperda tentang Gowa Sebagai Kabupaten Pendidikan dimaksudkan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehat, berilmu, cerdas, cakap, kreatif, mandiri, yang memiliki keunggulan, kompetitif dan menjadi masyarakat demokratis dan bertanggungjawab yang berbasis kearifan lokal.

“Yaitu berupa keunggulan kompetitif dan/atau komparatif daerah melalui penataan sarana prasarana, pendidik dan tenaga kependidikan, pembiayaan, manajemen dan mutu layanan pendidikan untuk mengembangkan dan mengarahkan potensi peserta didik,” katanya.

Selain itu, lanjut Abdul Razak, Ranparda tersebut juga bertujuan untuk meningkatnya akses masyarakat terhadap pelayanan pendidikan yang mencukupi, merata dan terjangkau. Meningkatnya mutu penyelenggaraan pendidikan dan daya saing pendidikan serta relevansinya dengan kebutuhan dan atau kondisi masyarakat.

Tambah Abdul Rasak Ranperda tersebut bertujan agar pengelolaan pendidikan berjalan secara efesien, efektif, dan akuntabel, dan terselenggaranya pendidikan yang selaras dan berkelanjutan melalui fasilitas serta dukungan pembiayaan, sarana prasarana, peningkatan kapasitas pendidik dan tenaga kependidikan serta peserta didik.(*)


BACA JUGA