Lovely December yang dilaksanakan di bundaran kolam Kota Makale depan kantor DPRD Kabupaten Tana Toraja, dibuka dengan resmi oleh Kementerian Pariwisata, Jumat (28/12/2018)

Gubernur Sulsel Akan Segera Realisasikan Jalan Tembusan Bua Palopo ke Toraja

Jumat, 28 Desember 2018 | 23:20 Wita - Editor: Andi Nita Purnama -

TORAJA, GOSULSEL.COM — Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae membuka sambutannya dengan menyapa seluruh tamu undangan dengan bahasa Toraja, ‘Sangmane-maneku sia sangbaineku solanaseng’ (Seluruh saudara-saudaraku dan saudariku semuanya), selamat datang.

Dalam sambutannya, Nicodemus menuturkan bahwa energi pariwisata di Sulsel itu bersumber di Toraja.

“Energi pariwisata sudah bersumber dari Torajan dan kementerian pariwisata agar bisa menfokuskan kepada Tana Toraja,” ujarnya saat sambutan. Makale, Jumat (28/12).

“Harapan kita bahwa kehadiran kementerian Pariwisata dan Kemaritiman, akan menyatakan hari ini bahwa Lovely December menuju kemilau Toraja 2018 dapat menjadi destinasi wisata nasional,” ucapnya berharap.

Lebih lanjut, Nicodemus meminta kepada perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Resthy Reko Astuty agar berkenan menyapa rakyat Tana Toraja demi cemerlangnya pariwisata Toraja ke depan, lanjutnya.

“Terakhir, kami berharap, agar Kementerian Pariwisata mau melaunching wujud nyata Lovely December sebagai pariwisata nasional,” pungkasnya.

Di samping itu, Asisten I Pemprov Sulsel hadir mewakili Gubernur Sulsel yang tak sempat hadir karena menghadiri agenda di Jakarta Pusat.

Kehadiran Asisten I Pemprov Sulsel perwakilan dari Gubernur Sulsel ini membawa angin segar bagi masyarakat Toraja. Sebab bersama kedatangannya disampaikan pula bahwa Gubernur Sulsel dalam waktu dekat ini, antara satu atau dua tahun ke depan, akan dibangun jalan pintas penghubung dari Bua Palopo ke Toraja agar akses para wisatawan menjadi lebih muda.

“Dalam waktu dekat. Gubernur akan membuat jalan tembus dari Bua Palopo ke Toraja dalam waktu satu atau dua tahun ke depan,” ujarnya. Toraja, Jumat (28/12).

Lebih lanjut, asisten satu Pemprov Sulsel ini menyampaikan bahwa Pemprov Sulsel akan serius membenahi infrastruktur atas amanah dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Pemprov Sulsel akan membenahi infrastruktur untuk menarik para wisatawan ke Tana Toraja, sebab ini janji Presiden juga. Presiden akan merealisasikan janjinya lewat Gubernur Sulsel dalam pembangunan infrastruktur untuk memperlancar kemajuan pariwisata di Sulsel khususnya Toraja,” tutupnya.(*)

Reporter Magang: Aji Sukman/Go Cakrawala