Pengamat Politik UIN Alauddin Makassar, Syahrir Kariem
#

Keluarga Nyaleg di Partai Berbeda, Buat Ketua Partai Main Dua Kaki

Selasa, 01 Januari 2019 | 23:36 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Fenomena keluarga ketua partai nyaleg di partai berbeda mewarnai Pileg tahun depan. Di Sulsel, setidaknya ada beberapa keluarga ketua partai yang memilih jalur politik berbeda.

Mereka diantaranya istri Ketua Golkar Jeneponto Iksan Iskandar, Hj. Hamsiah Iksan membidik kursi DPR RI melalui partai NasDem dan istri Ketua PAN Wajo Amran Machmud, Hj. Sitti Maryam juga terdaftar sebagai Caleg DPR RI Partai NasDem.

Ada juga nama Ketua Golkar Enrekang Muslimin Bando, Mitra Fachruddin MB membidik kursi DPR RI melalui partai PAN.

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Syahrir Kariem yang dimintai tanggapannya mengatakan, politisi tersebut, khususnya yang nyaleg itu mayoritas masih pragmatis dalam berpolitik. 



“Sehingga kalau diperhadapkan dengan kepentingan keluarga, pasti masih mementingkan kepentingan keluarga meskipun berbeda partai. Anak dan istri itu mencaleg setidaknya karena atas petunjuk suami atau bapaknya,” kata Syahrir, Selasa (1/1/2019).

Dia melanjutkan, orang-orang seperti ini tidak jelas visi politiknya. Sehingga mereka kelihatan seolah-olah profesional dan berjuang atas nama partai.

“Tapi bermain di dua kaki dengan mendorong istri atau anaknya untuk diperjuangkan juga,” tandasnya.(*)