Viah Oktaviana Hasanah
#

Sumbangan Dana Kampanye Caleg Partai Baru Rata-rata Rp15 Jutaan

Kamis, 03 Januari 2019 | 10:35 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Calon anggota legislatif (Caleg) yang berasal dari partai baru di Kota Makassar rata-rata mendapatkan sekitar Rp15 jutaan sumbangan dana kampanye. 

Hal ini tercermin dari Laporan Penerimaan Dana Sumbangan Kampanye (LPSDK) yang diserahkan oleh dua partai baru, yakni PSI dan Partai Berkarya di KPU Kota Makassar.

Sekretaris DPD PSI Kota Makassar, Viah Oktaviana Hasanah yang dikonfirmasi enggan menyebutkan total secara keseluruhan LPSDK partainya. Hanya saja dia membeberkan setiap Caleg masing-masing melaporkan antara Rp10 sampai Rp30 jutaan. Artinya, jika dirata-ratakan adalah Rp15 jutaan.

“Tidak terlalu banyak sih. Tergantung dari masing-masing Calegnya. Intinya antara 10 sampai 30 jutaan,” ujarnya, Kamis (3/1/2019).



Sebelumnya, Ketua PDP II Partai Berkarya Makassar, Yusuf Gunco mengatakan, bahwa secara keseluruhan partai berkarya melaporkan sekitar Rp100 jutaan dana kampanye awal.

“Untuk partai laporannya sekitar Rp100 jutaan. Itu adalah anggaran alat peraga kampanye,” kata Yugo, sapaan akrabnya.

Untuk Yugo sendiri hanya melaporkan Rp5 juta dana kampanye. Jumlah itu merupakan yang paling terendah di internal Berkarya. Alasannya, karena hingga saat ini belum masif bekerja. 

“Rata-rata setiap Caleg itu sekitar Rp15 jutaan. Karena saya ini baru mau produksi alat peraga kampanye,” kata dia.(*)