foto: Kabarhukum.com

BI Sulsel Harap Tren Penguatan Rupiah Tetap Terjaga

Senin, 07 Januari 2019 | 19:52 Wita - Editor: Irwan Idris -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat terus menguat di awal tahun. Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) pada perdagangan 7 Januari 2019 rupiah menguat pada level Rp14.177 per USD atau menguat dibanding penutupan perdagangan kemarin di Rp 14.270 per USD.

“Intinya bahwa penguatan ini didukung baik dari sisi eksternal dan domestik Indonesia,” jelas Direktur Bank Indonesia (BI) Sulsel, Dwityapoetra S Besar saat dihubungi via Whatsapp, Senin (7/1/2019).

Menurutnya, dari sisi eksternal, adanya peningkatan kepercayaan investor asing terhadap Indonesia dan tone dovish bank sentral Amerika Serikat, bahwa kenaikan suku bunganya akan mereda.

“Dari sisi domestik tentunya, suku bunga BI yang bisa menjaga daya saing produk investasi Indonesia, pasar SBN yang menguat dengan investor asing yang oversubsribe, kredibilitas dan konsistensi kebijakan yang diambil BI dan Pemerintah, serta berjalan baiknya mekanisme pasar valas domestik (untuk transaksi spot, swap dan domestik NDF),” terangnya.



Ia berharap di tahun 2019 yang merupakan tahun politik rupiah dapat terjaga dan semakin menguat.

“Semoga tahun ini tetap terjaga dan dengan pemilu yang stabil maka diharapkan Rupiah akan semakin menguat,” imbuhnya.(*)

 

Reporter: Nurfadhilah Bahar/Gosulsel.com


BACA JUGA