Mendekati Pemilu, Dukcapil Makassar Perekaman e-KTP di Lapas

Selasa, 08 Januari 2019 | 16:58 Wita - Editor: Irwan Idris -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Makassar melakukan perekaman KTP Elektronik terhadap narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Makassar, Selasa (08/01/19).

“Berdasarkan data yang diberikan pihak dukcapil kepada lapas, ada 361 orang warga binaan lapas yang merupakan penduduk kota Makassar dan belum melakukan perekaman. Untuk tadi saya berkunjung yang sudah bisa direkam itu kurang lebih 80 orang,” jelas Kepala Disdukcapil Kota Makassar, Ariaty Puspasari Abady.

Pihaknya juga melakukan perekaman bagi para pemilih pemula yang berusia 17 tahun di Lapas. “Itu yang sudah dilakukan bahkan termasuk pemilih pemula. Karena di dalam itu (lapas) ada anak yang usia pemilih pemula. Jadi pas 17 tahun itu kita rekam juga,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Makassar, Budi Sarwono menuturkan dari 978 napi, terdapat tiga kategori yang melakukan perekaman, diantaranya, pemilih yang berasal dari kota Makassar, Sulsel, dan luar Sulsel.



“Karena kenyataannya memang ada warga yang dari luar Sulsel dan ada juga dari Papua,” ujarnya.

Selain itu, terdapat penambahan tempat pemungutan suara (TPS) di Lapas Kelas IA Makassar. Dari yang sebelumnya 3 TPS, sekarang menjadi 4 TPS.

“Mudah-mudahan perekaman ini bisa berjalan maksimal dan bisa memudahkan KPU karena ini KTP elektronik merupakan syarat utama,” jelasnya.(*)

 

Reporter: Nurfadhilah Bahar/Gosulsel.com


BACA JUGA