Pemeriksaan tiket penerbangan oleh petugas saat akan memasuki pintu keberangkatan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar
#

Penumpang Keluhkan Kebijakan Baru Bagasi Pesawat

Selasa, 08 Januari 2019 | 23:09 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Sejumlah penumpang pesawat mengeluhkan kebijakan bagasi baru yang dikeluarkan Lion Air. Pasalnya, per 8 Januari 2019 maskapai Lion Air dan Wing Air tak lagi menggratiskan layanan bagasi.

Salah satu penumpang Lion Air, Jumadil Awal, mengatakan adanya aturan itu tentu memberatkan pengguna layanan maskapai. Ia yang saat itu membawa banyak barang adalah salah satu yang terdampak aturan.

Kesehariannya sebagai pedagang, Jumadil mengaku sangat berat dengan aturan baru itu. Dimana, dia hampir setiap bulannya bolak balik Makassar-Timika untuk membawa barang dagangannya. 

“Berat dan ribet kalau berlaku. Kalau dikenakan tarif bagasi, semakin susah saja pedagang,” ujar Jumadil Awal, saat ditemui di Pintu Keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, Selasa (8/1/2019).



Meski begitu pada penerbangannya, dirinya belum mengetahui akan dikenakan tarif tambahan atau tidak. Pasalnya, ia mendapat informasi bahwa pemesanan sebelum 8 Januari tidak akan dimintai biaya bagasi.

Jumadil yang sebentar lagi akan terbang bersama dengan barang dagangannya itu mengaku belum tahu pasti akan dimintai biaya tambahan atau tidak. Yang pasti, aturan itu akan menyulitkan penumpang, apalagi selama ini dia terus menggunakan Lion Air.

“Kalau kebijakan ini tetap diberlakukan, kemungkinan dilain waktu akan tumpangi pesawat lain,” katanya.(*)


BACA JUGA