Gubernur Sulsel

“Rebranding” Logo Pariwisata Sulsel, Filosofi Sulappa Appa dan Keramahan

Selasa, 08 Januari 2019 | 09:37 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Provinsi Sulawesi Selatan akan memiliki logo pariwisata baru. Seperti diketahui, rebranding Identitas Pariwisata Sulsel menjadi prioritas Program Gubernur terpilih HM Nurdin Abdullah (NA). Setelah melalui proses sayembara, terpilih logo desain Rahmat Zulfikar sebagai pemenang.

Logo baru itu sendiri menggambarkan poin penting; sebuah “penyambutan” untuk memberikan penghormatan bagi siapapun yang datang berkunjung ke sebuah daerah, dalam hal ini kaitan antara tuan rumah dan tamu. Penggabungan dari simbol tari kipas, sulappa appa dan huruf lontara. Dengan warna hitam, oranye dan merah.

Rahmat Zukfikar berharap logo ini menjadi harapan baru bagi pariwisata Sulsel dan pengaplikasian logo ini tepat sasaran. Ide pembuatan yang pertama muncul di benaknya saat membuat desain adalah tentang hospitality atau keramahan.

“Pertama lebih ke hospitality-nya. Saya mendesain ini sangat fokus ke situ, sehingga ke depannya bisa menjadi citra yang baik. Percuma kita punya konten yang baik tetapi pelayanan yang buruk,” jelasnya.



Adapun konsep dan makna logo yang dibuat dijelaskan oleh Rahmat. Bahwa, Sulsel sebagai sebuah provinsi menjadi sangat kompleks dengan topografi daerahnya yang komplit. Terdiri dari pegunungan, lembah hingga pesisir pantai yang menakjubkan serta keindahan bawah laut yang menarik untuk di selami.

Anugrah alam tersebut menjadi lebih kompleks karena dihuni oleh empat suku besar dengan kebudayaan yang kuat dan autentik. Sehingga menjadikan Sulawesi Selatan sebagai sebuah provinsi dengan destinasi wisata yang beragam, unik dan berkarakter. 

Halaman: