Wisuda Unhas

Syarat Akreditasi Terpenuhi, FKM Unhas Segera Buka Prodi S2 MARS

Sabtu, 12 Januari 2019 | 13:17 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Universitas Hasanuddin (Unhas) akan segera membuka Program Studi Magister Administrasi Rumah Sakit (MARS). Prodi S2 MARS ini akan berada di Fakultas Kesehatan Masyarakat. Kepastian pembukaan prodi ini setelah adanya persetujuan dari Lembaga Akreditasi Mandiri PT Kesehatan (LAM-PTKes).

Rektor Unhas pun menyampaikan selamat kepada Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) yang telah mempersiapkan usulan pembukaan prodi tersebut sejak lama.

Sementara itu, Dekan FKM, Dr. Aminuddin, menyampaikan kelegaannya melewati proses pembukaan prodi MARS ini, sembari mempertegas tekadnya untuk menjadikan S2 MARS ini sebagai pusat unggulan di Indonesia Timur  dan memberi daya ungkit yang tinggi untuk Unhas dan masyarakat.

Diketahui, Direktur Komunikasi Unhas, Suharman Hamzah, Ph.D mengatakan, hasil kunjungan visitasi pembukaan prodi MARS pada akhir bulan November 2018 lalu, telah diterima melalui Surat Keputusan Ketua LAM-PTKes tertanggal 30 Desember 2018.

“Akreditasi minimum sebagai syarat pembukaan prodi baru tersebut berdasarkan SK LAM-PTKes Nomor 0004/LAM-PTKes/Akr.PSB.PTN-BH/Mag/XII/2018. Berlaku selama 2 tahun untuk selanjutnya harus mengajukan akreditasi lagi” kata Suharman.

Dalam hal ini, LAM PTKes menugaskan dua asesor, yaitu Dr. Dumilah Ayuningtyas, MARS dan Dr. dr. S.A. Nugraheni, M.Kes, untuk melakukan visitasi ke FKM pada tanggal 28-30 Nopember 2018 lalu.

Asesor menyatakan kepuasannya terhadap proses visitasi, mulai dari pemeriksaan borang usulan sampai kesiapan sumberdaya baik berupa sarana prasarana maupun dosen.

Selama ini, konsentrasi MARS sebagai salah satu peminatan di Prodi S2 Kesehatan Masyarakat. Dengan pembukaan prodi S2 MARS ini, FKM Unhas kini mengelola lima program studi. Dua prodi jenjang sarjana yaitu S1 Kesehatan Masyarakat dan S1 Ilmu Gizi. Prodi S2 Kesehatan Masyarakat dan S2 MARS serta S3 Kesehatan Masyarakat.

“Dengan akreditasi minimum ini, Unhas akan segera membuka prodi S2 MARS dalam waktu dekat, tinggal menunggu pengesahan melalui surat keputusan MWA, yang berminat mendaftar silahkan mempersiapkan berkas anda dari sekarang,” jelas Suharman.(*)