Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga, Senin (14/1/2019).

Jelang Pemilu, Polres Gowa Kumpulkan Bhabinkamtibmas

Senin, 14 Januari 2019 | 15:19 Wita - Editor: Irwan Idris -

GOWA, GOSULSEL.COM – Jelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, Kepolisian Resor (Polres) Gowa mengumpulkan seluruh personel Bhabinkamtibmas jajarannya, Senin (14/1/2019) di Aula Endra Dharmalaksana.

Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menyamakan persepsi menghadapi pengamanan Pemilu tahun 2019.

pt-vale-indonesia

“Pemilu 2019 ini adalah pesta demokrasi terbesar sepanjang tahun, sebab masyarakat tak hanya melakukan pemilihan presiden, namun juga akan melakukan pemilihan legislatif,” ujar Shinto mengawali arahannya.

Lebih lanjut, dalam kesempatan itu Shinto memaparkan langsung sejumlah strategi pengamanan yang akan dilakukan dalam menghadapi Pemilu 2019 mendatang.

“Sejauh ini, Polres Gowa telah menyusun 4 strategi pengamanan dalam menghadapi seluruh rangkaian pemilu pada 17 April mendatang, yang berarti sisa 92 hari lagi,” lanjut Shinto.

Adapun keempat strategi tersebut di antaranya, belanja masalah, simulasi, konsolidasi dan pengecekan sarana dan prasarana, serta patroli dialogis oleh pleton taktis. Orang nomor satu di jajaran Polres Gowa ini pun menjelaskan satu per satu dari setiap strategi yang akan dilakukan.

“Kalau belanja masalah, kita lakukan dalam bentuk keterampilan observasi, studi pustaka, dan brainstorming. Sedangkan untuk simulasi, kita akan rutin mensimulasikan seluruh rangkaian pengamanan pemilu,” paparnya.

Lanjutnya, untuk pengecekan sarana dan prasarana yang meliputi ranmor dinas, senpi, alsus, alpalkam, serta almatsus juga akan rutin dilakukan, begitu pun dengan patroli dialogis oleh pleton taktis dari BKO Brimob maupun Sat Sabhara Polres Gowa.

“Saya harap seluruh personil Bhabinkamtibmas dapat berperan aktif di wilayah binaannya masing-masing dalam mensukseskan Pemilu 2019 ini agar dapat berjalan aman, damai, dan sejuk, khususnya di wilayah Kabupaten Gowa,” tutup Shinto.(*)


BACA JUGA