Lapak Baca Ruang Ketemu di Lapangan Sultan Hasanuddin/Senin (14/1/2019)

Menebar Spirit Literasi Generasi Muda di Lapak Baca Ruang Ketemu

Senin, 14 Januari 2019 | 19:51 Wita - Editor: Irwan Idris -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Meski hujan mengguyur Lapangan Sultan Hasanuddin, Senin (14/1/2019) sore tadi, komunitas literasi yang tergabung dalam komunitas Ruang Ketemu tetap menggelar lapak baca.

Lapak baca Ruang Ketemu merupakan salah satu gerakan kreatif generasi muda dalam meningkatkan minat baca masyarakat muda. Kegiatan yang mulai dicetuskan sejak tahun 2017 lalu ini, biasanya digelar setiap pekan pada hari libur atau weekend mulai pukul 16:00 WITA hingga malam hari.

Selain menyediakan buku-buku bacaan, Lapak Baca Ruang Ketemu ini juga memiliki banyak kegiatan produktif seperti merajut, diskusi ide, hingga bedah buku.

“Tujuan kegiatan ini pastinya untuk meningkatkan minat baca dikalangan anak muda sekarang,” ungkap Eka saat ditemui di Lapangan Sultan Hasanuddin



Mahasiswa jurusan Sastra Inggris UIN Alauddin Makassar ini telah mengikuti kegiatan lapak baca sejak pertama kali dilakukan. Ruang Ketemu menjadikan lapak baca sebagai salah satu program dengan tujuan mempertemukan banyak orang baru dengan minat membaca seperti mereka.

Lapak Baca Ruang Ketemu di Lapangan Sultan Hasanuddin.

“Yang beda dengan organisasi, ini karena tidak terikat dan struktural. Saya suka kerja begini lapak diskusi, dan merajut,” tambahnya.

Kegiatan rutin dilakukan tiap pekan dan terbuka untuk umum. Pemilihan tempat umum sendiri dimaksudkan agar banyak pengunjung yang tertarik membaca karena dilaksanakan di tempat yang strategis.

“Terbuka jika mau gabung silahkan datang. Kegiatan disebarkan di Instagram. Biasanya hari minggu,” jelasnya.

Eka menjelaskan buku yang disediakan saat lapak baca sendiri berasal dari donasi anggota Ruang Ketemu dan anggota lainnya yang pernah bergabung dalam kegiatan mereka yang didominasi oleh mahasiswa-mahasiswa Makassar.(*)

 

Reporter: Lina Astuti Budi/Gosulsel.com


BACA JUGA