Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar Breakfast Meeting 2019 dengan insan media di ruang Lounge Rektor lantai 8 gedung Rektorat Unhas, Selasa (15/1/2019)/HANDOVER

Sila Ukhuwah Dengan Pers, Rektor Unhas Urai Capaian dan Rencana Tahunan

Selasa, 15 Januari 2019 | 23:11 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Universitas Hasanuddin (Unhas) menciptakan momen silaturahmi antara jajaran pimpinan universitas dengan pers baik cetak maupun online pada Selasa (15/1/2019).

Kegiatan bertajuk Breakfast Meeting 2019 tersebut juga dirangkaikan dengan pemaparan sejumlah pencapaian Unhas di tahun 2018 serta rencana strategis di tahun 2019.

Bertempat di ruang Lounge Rektor lantai 8 gedung Rektorat Unhas, Direktur Komunikasi, Ir. Suharman Hamzah, Ph.D menyatakan komitmennya untuk memperkuat komunikasi dan hubungannya dengan media melalui sejumlah konferensi pers dan kegiatan keterbukaan informasi lainnya. 

“Unhas akan mengupayakan adanya Unit Layanan Terpadu di lantai 1 gedung Rektorat yang bisa menjadi sumber informasi bagi media maupun publik,” ucapnya saat memberikan sambutan pengantar.



Hadir dalam kegiatan ini Rektor Unhas, para Wakil Rektor dan Sekretaris Universitas, Ketua dan Sekretaris Akademik, Ketua Dewan Profesor, para dekan dan direktur di lingkungan Unhas.

Rektor Unhas menyatakan, kegiatan ini bukan sekedar momen silaturahmi dan pemaparan capaian dan rencana, namun juga ajang strategis bagi Unhas untuk berkolaborasi dengan media. Sehingga, apa yang dilakukan dan telah dicapai Unhas bisa diketahui oleh publik secara umum.

Prof Dwia pun mengungkapkan sejumlah capaian dan prestasi Unhas pada tahun 2018. Capaian tersebut di antaranya, akreditasi program studi yang terus meningkat, baik nasional maupun internasional.

Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA

Publikasi dosen yang terindeks scopus meningkat. Pada tahun 2018 tercatat sebanyak 720 karya dosen Unhas tembus dalam jurnal terindeks scopus.

Produk inovasi dan hak kekayaan intelektual bertambah, yakni 20 paten, 77 hak cipta, dan 3 merek. Sebanyak 12 produk di antaranya telah diproduksi dan beredar di pasar.

Rektor Unhas mengatakan, saat ini Unhas telah memiliki sejumlah pusat unggulan inovasi atau Center of Excellence yang melahirkan pengembangan inovasi gula aren, industrialisasi garam rakyat, pengembangan rumput laut, benih padi, dan peternakan sapi.

Unhas jugas terus melakukan pembangunan dan perbaikan sarana prasarana, diantaranya pembangunaan gelanggang olah raga, taman teras kampus, renovasi kolam renang, gedung pusat kegiatan mahasiswa, pembangunan Student Centre Fakultas Kedokteran, dan lain-lain.

Prof Dwia memaparkan semua capaian tersebut di hadapan pimpinan dan sejumlah perwakilan media yang hadir. Dia juga meminta para Wakil Rektor untuk mempresentasikan sejumlah rencana strategis baik dari bidang akademik, perencanaan, keuangan dan infrastruktur, kemahasiswaan serta bidang riset, inovasi dan kemitraan.

Adapun Sekretaris Universitas, Prof. Dr. Nasaruddin Salam, MT., menyatakan akan mempertahankan capaian SDM yang meraih prestasi terbaik di tingkat nasional. Ketua Senat Akademik Unhas, Prof. Dr. Dadang A. Suriamihardja juga menegaskan dukungan organ yang dipimpinnya untuk mencapai visi Unhas yang telah bergeser dari communiversity menjadi humaniversity atau universitas kemanusiaan.

Acara diakhiri dengan dialog dan tanya jawab dari sejumlah awak media yang hadir.(*)