Focus Group Discussion Bank Mandiri bersama Pewarta Ekonomi Makassar (Pena) tema "Digitalisasi Layanan Transaksi Keuangan Dalam Memudahkan Nasabah," di Hotel Novotel Makassar, Rabu (16/1/2019)

Inovasi Digitalisasi, Danny Kenalkan Lorong Peduli Plastik

Rabu, 16 Januari 2019 | 17:04 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto menjadi narasumber dalam Forum Group Discussion (FGD) bersama pewarta ekonomi Makassar. FGD tersebut membahas tentang sistem digitalisasi banking yang diadakan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Region X, Sulawesi dan Maluku di Hotel Novotel Makassar, Rabu (16/1/2019).

Danny menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat menarik. Utamanya karena sejalan dengan program pemerintah kita yang mewajibkan setiap inovasi SKPD untuk didigitalisasi.

“Dulu kita Lorong Garden, Lorong Sehat, Badan Usaha Lorong (Bulo). Sekarang kita punya lorong peduli plastik. Kita coba fokus plastik. Ukuran-ukuran plastik menggunakan timbangan digital agar report tentang volume plastik tiap hari itu real time,” kata Danny.

Termasuk kata Danny layanan transaksi digital, tender proyek hingga gaji dan honor pegawai sudah lama berjalan. “Kalau ingin mengecek pencairan suatu proyek misalnya kita bisa buka aplikasi Cek DPta,” tambahnya.



Sehingga produktivitas ekonomi masyarakat dengan tingkat public engagement yang tinggi akan termonitor dari makro hingga mikro.

“Jadi kita bisa mengukur sense ekonomi kita menjadi lebih peka. Sehingga kita bisa menjaga. Kalau kita tidak punya peta transparan tentang ekonomi kita, kita tidak pernah tahu apakah kita maju atau mundur secara ekonomi,” sebut wali kota berlatar arsitek ini.

Karena itu, Danny menyampaikan apresiasinya terhadap Forum Pewarta Ekonomi. Baginya hal ini menjadi tanda media (jurnalis), menempatkan sebuah produktivitas ekonomi menjadi bagian yang penting bagi kehidupan pemerintahan.(*)