NA Jamu Coto Gubernur Ehime di Baruga Lounge

Rabu, 16 Januari 2019 | 15:29 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mirsan - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Gubernur Prefektur Ehime Jepang Mr. Tokihiro Nakamura beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Sulsel selama dua hari, Selasa-Rabu (15-16/1/2019).

Sejumlah agenda dilaksanakan selama berada di daerah ini. Diantaranya melakukan berbagai kesepakatan dalam bentuk rencana kerjasama Ehime dan Sulsel. Khususnya dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan budi daya ikan tuna. Kerjasama berbagai bidang tersebut diharapkan bisa saling menguntungkan kedua belah pihak, terutama dalam rangka penguatan pembangunan di Sulsel.

Usai kunjungan kerja tersebut, Gubernur Ehime beserta rombongan meninggalkan Sulsel pada Rabu (16/1) pagi.

Namun sebelum ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, mereka menyempatkan diri mampir ke Baruga Lounge Kantor Gubernur Sulsel.



Didampingi langsung oleh Gubernur Prof Nurdin Abdullah, Wakil Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, dan Kepala Dinas Komunikasi Informasi Statistik dan Persandian (Kominfo SP) Sulsel, Andi Hasdullah, Mr. Tokihiro Nakamura dan rombongan breakfast atau sarapan dan minum kopi di lounge yang baru saja rampung.

Dalam ruangan yang apik dengan fasilitas lengkap itu, mereka menikmati sajian khas daerah Sulsel sambil berbincang santai dengan orang nomor satu dan dua provinsi ini.

Salah satu fasilitas yang cukup menarik perhatian adalah kehadiran ruang layanan informasi dan dokumentasi publik yang dikelola Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) utama. 

Kepala Dinas Kominfo SP Sulsel Andi Hasdullah menerangkan, siapa saja yang membutuhkan informasi dan dokumentasi terkait penyelenggaraan pemerintahan di Sulsel, bisa mendatangi Baruga Lounge untuk mendapat penjelasan.

“Di situ akan dilayani sesuai standar operasional procedure (SOP) yang ada. Ini adalah bentuk implementasi dari komitmen Pak Gubernur Nurdin Abdullah dalam rangka menghadirkan transparansi dan keterbukaan informasi publik di Sulsel,” ungkap Andi Hasdullah.

Dia melanjutkan, di Baruga Lounge, juga tersedia berbagai data yang bisa diakses. Misalnya dokumen RPJMD Sulsel 2018-2023, RENJA dan program strategis 2019, lokasi destinasi wisata andalan, aplikasi aduan Baruga Sulsel, profil dan data potensi Sulsel, serta beragam data dan informasi lain. 

Baruga Lounge ini juga akan digunakan sebagai tempat menerima tamu pemprov yang berkunjung, baik itu dari luar maupun masyarakat Sulsel.

“Saya kira layanan Baruga Lounge kantor gubernur ini merupakan salah satu inovasi Pak Gubernur untuk mendekatkan pemerintah di Sulsel dengan rakyatnya,”  tutup Andi Hasdullah.(*)