Coffee Morning Bupati Gowa bersama Kepala SKPD dan Camat se-Kabupaten Gowa, Kamis (17/1/2019)

Antisipasi Wabah DBD, Bupati Gowa Perintahkan Lakukan ‘Fogging’

Kamis, 17 Januari 2019 | 11:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Mengantisipasi wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) di musim penghujan, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memerintahkan untuk segera melakukan fogging di Kabupaten Gowa.

“Saya meminta agar Dinas Kesehatan dan Dirut RSU Syekh Yusuf berkoordinasi dan ke lapangan untuk menjalankan fogging hingga ke desa-desa,” ujar Adnan di Coffe Morning bersama pimpinan SKPD Kamis (17/1/2019).

Sementara itu, di tempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan, dr Hasanuddin menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan fogging untuk Kecamatan Pallangga.

“Semua Desa di Pallangga kita sudah fogging begitupun di Bungaya serta sebagian Somba Opu. Kami melakulan sejak awal fogging sebagai langkah pencegahan sebelum masa puncak DBD, terutama dataran rendah memang endemis potensi kemunculan DBD setiap tahunnya,” kata dr Hasanuddin.



Dr Hasanuddin juga berharap masyarakat memberikan perhatian khusus jika ada anggota keluarga demam dengan membawa keluarganya berobat ke rumah sakit atau puskesmas terdekat. “Musim hujan sangat rawan dengan DBD, masyarakat dihimbau memeriksakan kondisi kesehatan di puskesmas terdekat jika anggota keluarganya terkena demam lebih dari dua hari. Ini untuk menghindari kemungkinan terburuk,” harapnya.

Sejauh ini, dr Hasanuddin juga menyebutkan sejumlah kegiatan juga sudah aktif dilaksanakan oleh Dinkes Gowa diantaranya aktif melakukan konseling dan terus memantau perkembangan melalui tim survey land yang melapor setiap pekan.

“Pencegahan DBD ini selain dengan fogging bisa juga dengan abatesasi untuk pembunuhan jentik, membersihkan lingkungan terutama got serta melakukan 3 M yakni menguras, menutup dan mengubur. Begitu pula dengan penampungan air yang harus selalu dibersihkan,” tambahnya.(*)