ilustrasi berkhayal

Menurut Penelitian Berkhayal Bermanfaat untuk Daya Ingat dan Penghilang Stres

Sabtu, 19 Januari 2019 | 13:39 Wita - Editor: Irwan Idris -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Kebiasaan berkhayal sering dianggap sebagai sesuatu yang sia-sia belaka. Berkhayal malah kerap dianggap sebagai simbol kemalasan. Namun begitu penelitian di Amerika Serikat membuktikan, berkhayal ternyata memilik berbagai manfaat bagi manusia.

Meski dinilai tak memiliki kegunaan, nyatanya ada sejumlah manfaat kesehatan yang bisa didapat dari berkhayal. Salah satunya yakni manfaat berkhayal untuk daya ingat.

Anggapan bahwa mengkhayal hanyalah kegiatan buang-buang waktu rupanya terbantahkan dengan adanya beberapa penelitian. Para peneliti menemukan bahwa berkhayal sebenarnya bisa membuat seseorang lebih kreatif. Dengan berkhayal, Anda jadi berangan-angan tentang hal yang Anda senangi.

Selain itu, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ada manfaat berkhayal lainnya bagi daya ingat. Penelitian yang dilakukan di University of Wisconsin-Madison, Amerika Serikat, ini membuktikan peserta yang sering berkhayal memiliki ingatan yang lebih baik daripada mereka yang jarang mengkhayal.



Selain bermanfaat untuk daya ingat, berkhayal juga bisa menjadi obat stres. Berkhayal bisa meredakan stres akibat pekerjaan, stres setelah bertengkar hebat dengan orang terdekat atau bahkan setelah mengalami trauma. Hal ini terjadi karena ketika Anda berkhayal, pikiran Anda mengembara dan melupakan masalah yang sedang dihadapi meski sesaat. Setelahnya, pikiran Anda menjadi lebih segar dan tidak terbebani lagi.

Seperti dikutip dari laman hellosehat.com, berkhayal juga membantu Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan. “Manfaat berkhayal ini dapat membuat Anda menjadi termotivasi sehingga lebih mudah mencapai tujuan Anda,” tulisnya.

Namun begitu, berkhayal bisa juga tidak baik jika terlalu sering dilakukan. Ada waktu di mana berkhayal bermanfaat, tapi juga dapat menyebabkan Anda hilang fokus dan melupakan informasi penting. Melamun juga akan jadi kebiasaan buruk jika mulai mengganggu kehidupan nyata, memengaruhi produktivitas, kehidupan sosial, atau kualitas tidur.

Jika Anda sedang bekerja atau mencoba menyelesaikan tugas penting, berkhayal dapat menganggu produktivitas Anda. Berkhayal bisa membuat kerja Anda jadi melambat.

Selain itu, berkhayal juga dapat membahayakan kesehatan jiwa jika Anda terus-menerus memiliki khayalan yang negatif. Sementara kebanyakan orang berkhayal tentang hal-hal yang diinginkan, Anda mungkin juga membayangkan hal-hal yang membahayakan dan merugikan diri sendiri atau orang lain.(*)