(FOTO: Lorong Garden Kemerdekaan yang berada di Jl Veteran semarak dengan nuansa merah putih/Sabtu, 6 Agustus 2016/Muhammad Muhaimin/GoSulsel.com)

Dinas PU Makassar Bakal Pasang 3.200 Lampu Lorong di 15 Kecamatan

Minggu, 20 Januari 2019 | 19:20 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar akan memasang 3.200 lampu lorong di sejumlah wilayah di Kota Makassar. Pengadaan lampu lorong ini membutuhkan anggaran sebanyak Rp28,9 miliar di tahun 2019.

Hal ini diungkapkan Kepala UPTD Lampu Jalan Dinas PU Makassar, Achmad Jusri. Ia menyebutkan sebanyak 153 kelurahan di Kota Makassar yang akan dipasangi lampu lorong.

“Kami akan memasang lampu lorong di 15 kecamatan dengan rata-rata per kelurahan itu sekitar 21 titik. Total lampu yang akan dipasang kurang lebih 3.200,” jelas Jusri, Minggu (20/01/2019).

Lebih lanjut ia menjelaskan, masih ada beberapa jalan yang belum tersentuh lampu penerangan. Sehingga, kata dia, pengadaan lampu jalan selalu dilakukan setiap tahunnya.



“Selalu ada pengadaan lampu lorong setiap tahun. Pengadaan lampu-lampu juga selalu dilakukan agar menghindari kasus-kasus kejahatan di malam hari,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengatakan, keberadaan lampu lorong sangat penting bagi masyarakat. Dengan adanya lampu lorong, justru kekerasan anak bisa diminimalisir.

“Lampu lorong itu penting. Justru kekerasan anak sekarang menurun karena sudah terangnya lorong-lorong,” jelasnya.

Kata dia, lorong di Makassar berjumlah sekitar 7.500 lorong. Untuk itu, anggaran yang dibutuhkan juga sangat besar. “Kalau lampu lorong itu harganya satu cukup lumayan. Kalau kita mau bikin banyak itu kan pasti lebih mahal lagi. Sebenarnya tidak besar tapi karena banyak lorongnya manfaatnya juga banyak, salah satunya untuk pencegahan kekerasan anak,” tandasnya.(*)