Bendungan Karet sungai Jeneberang, Foto: Internet

Antisipasi Perubahan Air di Musim Hujan, Ini yang Dilakukan PDAM Gowa

Senin, 21 Januari 2019 | 12:21 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM — Memasuki musim penghujan, kondisi air mengalami perubahan menjadi keruh. Hal tersebut diungkapkan oleh Humas Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Jeneberang Kabupaten Gowa, Nurdiansyah Baso.

“Saat ini mengalami perubahan menjadi keruh. Ini karena biasa hujan di bagian atas sehingga air di Bili-Bili keruh,” katanya saat ditemui di kantornya belum lama ini.

Namun ia mengungkapkan agar warga tak usah khawatir. Menurutnya perubahan tersebut tidak akan sampai ke rumah – rumah warga.

“Air yang sampai ke masyarakat itu tetap jernih sesuai standar air baku. Karena setiap unit yang kami miliki ada semua penjernih airnya,” katanya.



Lanjutnya, “Untuk menjernikan air, kami mencampurkan bahan kimia sesuai dengan takaran yaitu tawas, PAC atau semacam tawas yang dicairkan dan kaporit yang pengelolaannya dilakukan masing-masing unit kerja.”

Nurdiansyah Baso juga menyebutkan ada beberapa tempat pengelolaan air di Kabupaten Gowa, yaitu di Somba Opu, Malino, Parangloe, Bajeng, Bontonompo, Manuju, Barombong dan Bontomarannu.(*)


BACA JUGA