Tim Resmob Panakkukang mengamankan Gio, pelaku curat dan curas di Jalan Hertasning, Kota Makassar setelah mengambil handphone korbannya, Senin (21/1/2019)

Berusaha Kabur, Pelaku Curat dan Curas Ini Dihadiahi Timah Panas Polisi

Senin, 21 Januari 2019 | 12:40 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Jusrianto - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Andri Gio alias Gio (19) warga Jalan Tarakan, Kota Makassar akhirnya harus menerima timah panas dari Tim Resmob Panakkukang karena berusaha melawan.

Gio sapaannya merupakan pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencurian dengan pemberatan (curat). Gio diamankan di Jalan Hertasning, Kota Makassar setelah mengambil telepon genggam korbannya, Senin (21/1/2019).

Kapolsek Panakkukang Kompol Ananda Fauzi Harahap mengatakan, saat telah beraksi di Jalan Hertasning, Gio dikejar oleh kerumunan masyarakat yang sempat melihat aksi pelaku.

“Anggota yang tiba di TKP langsung mengejar pelaku. Namun pada saat pengejaran pelaku menyenggol pengendara lain sehingga salah satu pelaku terjatuh dan masyarakat yang sempat mengejar Gio,. Dia langsung dimassa oleh masyarakat,” ungkap Ananda beberapa saat lalu.



“Saat itu pula anggota langsung mengevakuasi Gio dan membawanya ke Posko Resmob Panakkukang untuk dilakukan interogasi,” tambah Ananda.

Dari hasil interogasi, kata Ananda, Gio juga mengaku telah melakukan curat spesialis door to door di beberapa di wilayah hukum Polsek Rappocini.

“Gio ini memiliki peran sebagai eksekutor. Sedangkan salah seorang temannya (DPO) sebagai joki,” papar Ananda.

Sekitar pukul 02.00 Wita, saat dilakukan pengembangan, kata Ananda, anggota mengarahkan Gio untuk mencari rekan pelaku yang berhasil melarikan diri.

“Saat di perjalanan Gio melakukan perlawanan dengan cara menendang salah satu anggota serta mencoba melompat dari mobil untuk melarikan diri,” bebernya.

Karena melihat ada perlawanan dari Gio, kata Ananda, anggota langsung memberikan tembakan peringatan ke udara sebanyak 3 kali.

“Karena tak diindahkan, anggota melakukan tindakan tegas dengan cara melumpuhkannya dengan timah panas dan mengenai kaki bagian betis sebelah kiri Gio dan selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara untuk penanganan medis,” ujarnya.

Saat ini, lanjut Ananda pelaku bersama barang bukti berupa 1 unit handphone Iphone 6s diserahkan ke Mapolsek Rappocini untuk proses hukum lebih lanjut.(*)