BKPRMI Maros menggelar ujian santri TPA se-Kabupaten Maros mulai Minggu (20/1/2019) hingga Minggu (10/2/2019) medatang di beberapa lokasi di Maros
#

BKPRMI Maros Gelar Ujian Santri TPA se-Maros

Senin, 21 Januari 2019 | 12:12 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM — Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Maros menggelar ujian santri Taman Pendidikan Alquran (TPA) se-Kabupaten Maros. Kegiatan ini digelar mulai Minggu (20/1/2019) hingga Minggu (10/2/2019) medatang di beberapa lokasi di Maros.

Sekretaris Panitia ujian, Muhammad Iqbal mengatakan, untuk ujian tahap awal dilaksanakan di dua tempat, yakni di Masjid Almarkaz Maros dan Masjid Almunawwarah Kecamatan Bantimurung. Kegiatan itu, diikuti ribuan santri dan santriwati TPA se-Kabupaten Maros.

“Ujian Munaqasyah ini sudah kita laksanakan di dua tempat hari ini. Rencananya kegiatan ini akan kita laksanakan empat minggu. Jadwalnya Ahad depan akan kita gelar di Almarkaz lagi, selanjutnya di desa Rompegading, Cenrana,” katanya.

Usai pelaksanaan ujian, semua santri dan santriwati yang dinyatakan lulus, nantinya akan mengikuti wisuda santri yang setiap tahunnya digelar. Wisuda ini diagendakan pada Maret 2019 mendatang di Aula Masjid Almarkaz Maros.



“Jadi puncaknya ini adalah wisuda santri yang sudah kita laksanakan setiap tahun. Orientasinya memang pada pembinaan Alquran khusus TPA/TKA dan TQA yang ada di Maros ini,” lanjutnya.

Ujian santri TPA se-Kabupaten Maros

Iqbal menjelaskan, materi ujian santri ini dibagi menjadi dua sesi, yakni tertulis dan lisan. Tak hanya baca tulis Alquran, dalam ujian ini juga ada praktik salat, doa harian serta dasar-dasar keislaman.

“Jadi bukan hanya baca tulis Alquran saja, tapi juga semua ilmu dasar-dasar ke Islaman kita ujikan. Dari seribu orang peserta akan ada 10 peserta tebaik yang diumumkan saat wisuda nantinya,” pungkasnya.(*)