Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII dan Indonesia Marketing Association (IMA) menggelar kegiatan coaching dan mentoring aplikasi APIK bagi mitra binaan, di Hotel Ramedo Makassar, Selasa (22/1/2019)/HANDOVER

IMA Kenalkan Aplikasi Pencatatan Keuangan Untuk UMKM

Selasa, 22 Januari 2019 | 19:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VII bersama dengan Indonesia Marketing Association (IMA) menggelar kegiatan coaching dan mentoring aplikasi APIK bagi mitra binaan. 

APIK merupakan aplikasi akuntansi untuk UMKM berbasis Android. Aplikasi ini mudah digunakan, dan telah memenuhi standar akuntansi Entitas Mikro Kecil Menengah (EMKM).

pt-vale-indonesia

Mitra binaan pemilik usaha konfeksi, Ruslan Nako, menyampaikan bahwa pengenalan aplikasi APIK ini sejalan dengan kebutuhannya yang punya jadwal padat.

“Aplikasi pencatatan keuangan yang dapat dibawa pergi kemanapun, saat belanja bahan, antar pesanan pelanggan dan bahkan pada saat bangun tidur. Saya sudah bisa merencanakan jumlah pengeluaran dan pemasukan usaha saya hari ini,” kata Ruslan di Hotel Ramedo Makassar, Selasa (22/1/2019).

Vice President Small Medium Enterprise (SME) IMA Chapter Makassar, Andi M. Nur Bau Maseppe pada acara tersebut mengatakan pendampingan didesain untuk meningkatkan kompetensi pengelolaan UMKM secara holistik.

“Kami dampingi UMKM mulai dari proses pengelolaan bahan baku, efisiensi proses produksi, perluasan jejaring pemasaran hingga pemantapan pengelolaan model bisnis,” kata Nur. 

Para mentor dari IMA Chapter Makassar  juga rutin melakukan visitasi atau kunjungan lapangan kepada 38 pelaku UMKM yang menjadi peserta program. Sehingga mereka dapat mempraktekkan langsung hasil pelatihan dan berkonsultasi kendala-kendala yang dihadapi.

Selain itu, para mitra binaan ini akan difasilitasi dalam kegiatan business matching. Mereka akan dipertemukan dengan calon investor seperti peritel dan pebisnis besar, untuk mengembangkan usaha UMKM.(*)