Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar, Rahman Pina

Banjir Landa Beberapa Wilayah di Makassar, Dewan: PR Pemkot Lakukan Pembenahan Drainase

Kamis, 24 Januari 2019 | 09:39 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar tidak ingin terlalu jauh menyoal buruknya sistem drainase, hingga menyebabkan banjir yang saat ini melanda beberapa wilayah di Kota Makassar. 

Usai berkeliling menemui korban di beberapa titik banjir, Ketua Komisi C DPRD Makassar, Rahman Pina mengaku bahwa memang ada keluhan masyarakat terkait buruknya sistem drainase yang dikeluhkan sejumlah masyarakat, diakuinya bahwa memang sistem drainase Kota Makassar belum sepenuhnya baik.

Akan tetapi bukan cuma itu yang menjadi faktor penyebab banjit. Dalam situasi ini dia justru melihat ini adalah hal alami yang disebabkan intensitas hujan dengan curah yang sangat tinggi.

“Saya kira bukan persoalan buruknya drainase, karena cuaca buruk seperti ini pasti tetap terjadi walaupun sistem drainasenya baik, apalagi di daerah-daerah timur kota itu aliran airnya sangat tinggi. Oleh karena itu kepedulian sesama sangat dibutuhkan,” kata RP, akronim namanya, Kamis (24/1/2019).



Meski demikian, lanjut Politisi Partai Golkar ini, pemerintah kota tetap memiliki pekerjaan rumah untuk terus berupaya melakukan pembenahan-pembenahan terkait drainase dan pembersihan kanal-kanal.

“Tentu hal lain harus tetap dilakukan, terkait dengan drainase, kemudian kanal-kanal yang belum sepenuhnya dibersihkan saya kira itu harus menjadi perhatian prioritas pemerintah kota,” tegasnya.

“Ke depan ini pemerintah kota harus melakukan pembenahan terutama pada sistem drainase di daerah rawan banjir seperti yang ada di daerah Tamalanrea, Manggala dan sebagainya,” tandasnya.(*)


BACA JUGA