Jalan retak di jalan poros Maros - Bone, sekitar 200 meter sebelum jembatan Batubassi, Kecamatan Simbang. 
#

Hati-Hati Melintasi Bagian Jalan Retak Berpotensi Longsor di Poros Maros – Bone Ini

Jumat, 25 Januari 2019 | 14:15 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Muhammad Yusuf - GoSulsel.com

MAROS, GOSULSEL.COM – Masyarakat mengeluhkan kondisi jalan rusak dan berpotensi longsor di jalan poros Maros – Bone, sekitar 200 meter sebelum jembatan Batubassi, Kecamatan Simbang.

Dari pantauan Gosulsel.com, separuh badan jalan rusak, retakan yang besar membuat jalan lintas kabupaten ini nyaris amblas, belum ada tanda-tanda akan ada perbaikan, masyarakat sekitar hanya memberi seng bekas sebagai penanda agar pengendara tidak melintas.

Salah seorang tokoh pemuda setempat, Zainuddin mengatakan bahwa jalan tersebut memang telah rusak sebelum banjir datang dan sempat diperbaiki oleh pemerintah.

“Jalan ini memang sudah rusak sekitar satu bulan lalu, sebelum banjir sempat diperbaiki, ada beberapa alat berat yang digunakan, kami tidak tahu pasti bagaimana teknik yang dilakukan, karena mereka (pekerja)  menggunakan alat berat untuk membuka aspal yang terangkat, lalu diberi sertu kemudian dirapatkan menggunakan alat berat,” ujar Zainuddin, Jumat (25/1/2019).



Sayangnya, lanjut Zainuddin, setelah banjir kemarin jalan ini langsung amblas, ada retakan yang cukup besar karena tanahnya amblas.

“Hanya saja di sampingnya ada irigasi teknis, dengan kedalaman lebih 10 meter, retakan sekitar 20 meter di badan jalan ini berpotensi longsor, dan ini sangat membahayakan pengendara. Apalagi kalau pengendara melintas di malam hari, bisa sangat berbahaya,” lanjutnya.

Ia mengharapkan pemerintah segera turun tangan dan memperbaiki jalan tersebut, jangan sampai ada korban jiwa.

“Kami telah menyampaikan ini kepada salah seorang anggota DPRD Sulsel, kami berharap bisa langsung disampaikan ke balai jalan dan sesegera mungkin bisa diperbaiki,” tutupnya.(*)