Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL meninjau warga di Camba-Camba, Kecamatan Pattalasang, Rabu (23/1/2019)/IST

Kemensos RI Puji Gerak Cepat Pemkab Gowa Tangani Bencana

Jumat, 25 Januari 2019 | 02:11 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengapresiasi cara penanganan bencana yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa. Hal tersebut diungkapkan oleh Kasubid Penanganan Darurat Bencana Alam Kemensos RI, Iyan Kusmadiana, Kamis (24/1/2018).

Iyan Kusmadiana menilai bahwa apa yang dilakukan pemerintah kabupaten Gowa dengan langsung membentuk tiga tim penanganan bencana sangat baik. Menurutnya, situasi yang dialami Kabupaten Gowa perlu penanganan cepat.

“Sedang upaya dengan maksimal. Pembagian 3 tim untuk evakuasi itu bagus sekali karena situasi dihadapi perlu kecepatan,” kata Iyan Kusmadiana.

Selain pembentukan tim tersebut, Iyan Kusmadiana juga memuji cara pengelolaan dan penyaluran bantuan dengan sistem satu pintu melalui posko induk yang bertempat di Kantor Bupati Gowa.



“Pengelolaan satu pintu logistik bagus, dan dapur umum juga berjalan baik,” jelasnya kepada Gosulsel.com.

Kasubid Penanganan Darurat Bencana Alam Kemensos RI, Iyan Kusmadiana

Diketahui sehari setelah peristiwa bencana alam yang terjadi di wilayah Kabupaten Gowa, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan YL langsung melakukan rapat koordinasi penanganan bencana yang salah satunya membagi tiga tim.

Dari ketiga tim tersebut, setiap tim terdiri dari perwakilan Pemda Gowa, Basarnas, Polres Gowa, Dandim dan BPBD, Tagana, dan juga relawan evakuasi lainnya dan dilengkapi alat-alat rescue dan evakuasi termasuk alat-alat berat untuk pencarian korban.

“Kita bentuk tiga tim ini karena lokasinya macam-macam. Di antaranya ada di kecamatan Manuju, Bungaya, Parigi, Tinggimoncong, dan juga di Biringbulu,” jelas Adnan Purichta Ichsan saat memimpin langsung rapat koodinasi, Rabu kemarin (23/1/2019).(*)


BACA JUGA