Evakuasi Banjir

Tips Saat Menghadapi Bencana Banjir

Jumat, 25 Januari 2019 | 11:20 Wita - Editor: Irwan AR -

GOWA,GOSULSEL.COM– Bencana banjir yang mengepung Sulawesi Selatan empat hari lalu, menimbulkan korban yang cukup besar. Baik korban jiwa maupun harta benda. Belum lagi kerusakan infrastruktur.

Curah hujan yang tinggi dan sistem drainase kadang jadi momok yang menyebakan terjadi banjir tersebut. Namun peristiwa alam ini adalah ketentuan yang kuasa dan sulit untuk dihindari. Namun tak ada salahnya bila manusia juga belajar pada kejadian untuk itu dan mengantisipasi kedepannya.

Bagi masyarakat yang tinggal didaerah rawan banjir tentu sudah memiliki persiapan sejak dini untuk menghadapi banjir. Sebab bagaimana tidak, banjir bisa terjadi secara tiba tiba dan terjadi dengan cepat. Sehingga kita tidak bisa menyelamatkan harta benda yang ada dirumah. Lalu langkah apa saja yang dilakukan saat banjir datang?

Berikut hal yang dilakukan Ketika Terjadi Banjir Seperti yang disarankan pusat krisis Kementerian Kesehatan RI



1. Ketika banjir menerjang, kita harus langsung mematikan aliran listrik atau hubungi PLN untuk mematikan aliran listrik di wilayah yang terkena bencana. Hal tersebut untuk menghindari konslet listrik yang bisa menimbulkan kebakaran. di Kabupaten Gowa, salah satu korban dari bencana Banjir yang melanda Selasa, (22/1) lalu ternyata karena tersengat listrik.

2. Mencari tempat yang aman, kita bisa mengungsi ke rumah tetangga atau sanak saudara yang aman dari banjir.

3. Hindari berjalan di dekat saluran air untuk menghindari terseret arus banjir.

4. Amankan barang-barang berharga ketempat yang lebih tinggi. Biasanya pasca banjir kita baru ingat bila surat-surat berharga seperti ijazah dan surat tanah hancur karena terendam atau malah hanyut dibawa air.

5. Jika air semakin tinggi, hubungi instansi terkait untuk mendapatkan bantuan. Atau segera update ke sosial media, saat ini sosial media cukup ampuh mengabarkan dengan cepat situasi darurat namun sayangnya juga banyak suka sekali menyebar hoax.(*)


BACA JUGA