TNI AU Evakuasi Korban Bencana di Gowa

TNI AU Evakuasi Dua Korban Bencana Alam di Kecamatan Bungaya

Sabtu, 26 Januari 2019 | 17:12 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Panglima Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Pangkoopsau) II Marsda TNI Henri Alfiandi memerintahkan untuk mengevakuasi pasien dari Kecamatan Bungaya yang disebabkan bencana alam yang melanda beberapa Daerah di Sulawesi Selatan termasuk Daerah Kabupaten Gowa dengan menggunakan Pesawat Helikopter Jenis Puma milik TNI Angkatan Udara, Sabtu (26/1/2019).

Sementara itu, menindaklanjuti perintah Pangkoopsau II tersebut, pada hari ini pukul 08.38 WITA sebuah Pesawat Helikopter Jenis Puma diterbangkan oleh Kapten PNB Sofan dari Lanud Sultan Hasanuddin ke Sapaya dan Landing pada pukul 08.47 WITA.

“Setelah menaikkan pasien yang jumlahnya 2 (dua) orang, Keluarga Pasian 4 (empat) orang dan 1 (satu) orang personel Angkatan Darat, Pesawat tersebut kembali diterbangkan dari Sapaya pada pukul 09.05 WIta dan Landing kembali di Lanud Sultan Hasanuddin pada pukul 09.16 WITA,” kata Marsda TNI Henri Alfiandi.

Kedua Pasien tersebut, diketahui bernama Kaharuddin (19) tahun menderita penyakit Suspect trauma capitis plus toraks, di damping keluarganya bernama Murni dan Rizal sedangkan Pasien kedua bernama Rais (18) tahun menderita Suspect trauma abdomen dan retensi urine, di damping oleh keluarga bernama Taher, Mirdan dan Sertu Baharuddin.



Lanjutanya, Setelah diturunkan dari Pesawat Pasien tersebut langsung diantar ke Rumah Sakit Wahidin dengan menggunakan Mobil Ambulance Milik TNI Angkatan Udara, setelah sampai di Rumah Sakit kemudian diserahkan ke pihak rumah Sakit di bagian Unit Gawat Darurat untuk dilakukan penanganan dan perawatan secara medis.

“Evakuasi Pasien tersebut dengan menggunakan Pesawat Helikopter Jenis Puma Milik TNI Angkatan Udara adalah merupakan wujud kepedulian TNI Angkatan Udara kepada Masyarakat yang tertimpa musibah, sekaligus merupakan pelaksanaan dari Tugas TNI yaitu Operasi Militer Selain Perang (OMSP), yang salah satunya adalah penanggulangan bencana alam,” Pangkoopsau II Marsda TNI Henri Alfiandi.

Alumni US Air War College (Lemhanas) di Amerika serikat ini, juga mengatakan bahwa TNI Angkatan Udara akan selalu siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang tertimpa musibah bencana banjir baik yang di Daerah Makassar, Maros maupun Gowa termasuk Daerah lainnya.

Disamping mengevakusi korban, Pesawat Helikopter Jenis Puma milik TNI Angkatan Udara juga mengirimkan bantuan logistik ke daerah bencana tersebut. Diketahui hingga saat ini pesawat milik TNI AU tersebut telah mendrop bantuan lebih 2 Ton yang terdiri dari Beras, Air mineral, susu, mie instan dan beberapa bahan makanan pokok laainnya.