Sandiaga Uno, Cawapres 02 berada dalam satu panggung dengan Ichsan Yasin Limpo, Sabtu (26/1)

Pengamat Bandingkan Pengaruh IYL dan SYL di Pilpres 2019

Senin, 28 Januari 2019 | 22:38 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Dua tokoh politik Sulsel yang terikat saudara kandung Syahrul Yasin Limpo (SYL) dan Ichsan Yasin Limpo (IYL) memiliki sikap politik berbeda pada Pilpres 17 April 2019 mendatang.

SYL berada dibarisan Capres 01 Joko Widodo – KH. Ma’ruf Amin, sementara IYL memperkuat pemenangan Paslon 02, Prabowo Subianto – Sandiaga Salahuddin Uno (Prabowo – Sandi).

pt-vale-indonesia

Dalam kontesk pilihan politik, keduanya tentu tidak bisa saling menghindari rivalitas.

Pengamat politik dari UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad yang dikonfirmasi soal pregres dan pengaruh keduanya pada kubu yang masing-masing dia dukung mengatakan, IYL cenderung lebih awal memperlihatkan kekuatan.

“SYL sejauh ini belum massif kampanyekan Jokowi. IYL juga pendatang baru sehingga masih ditunggu gebrakannya. IYL sudah hadiri kampanye Sandi sehingga bisa saja IYL lebih progresif dibanding SYL yang masuk tim nasional,” kata Firdaus Muhammad.

Menanggapi wacana tawaran Gerindra ke Ichsan YL untuk memegang kendali DPD Gerindra Sulsel mengatakan, meski mantan Bupati Gowa dua periode itu belum mempunyai pengalaman menjadi ketua partai setingkat provinsi, namun dia dinilai mempunyai ketokohan politik yang potensial.

“Ia dianggap mampu menangkan Prabowo dan Gerindra di Sulsel tapi tugas itu sangat berat,” kata Firdaus.(*)


BACA JUGA