Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani

Polda Sulsel Bentuk Satgas, Awasi Penyalahgunaan Bantuan Sosial ke Korban

Senin, 28 Januari 2019 | 22:28 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Jusrianto - Go Cakrawala

MAKASSAR, GOSULSEL.COM – Pihak Polda Sulsel membentuk Satgas untuk mengantisipasi bantuan sosial untuk korban bencana banjir dan longsor yang ada di Sulawesi Selatan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Dicky Sondani di salah satu warkop di Kota Makassar, Senin (28/1/2019).

“Kita akan bentuk Satgas. Dimana Ketua Satgasnya itu adalah Dirkrimsus Polda Sulsel Kombes Pol Yudhiawan,” ungkap Dicky.

Menurut Dicky, Satgas tersebut merupakan tindak lanjut nota kesepahaman antara Kapolri dengan Mensos untuk mengawal bantuan dari pemerintah ataupun dari masyarakat untuk korban bencana alam yang ada di Sulsel.



“Nantinya. Satgas tersebur bertugas melakukan verifikasi terhadap bantuan sosial bencana alam dari masyarakat, LSM, ataupun pemerintah,” tambah Dicky.

Selain verifikasi, lanjut Dicky, Satgas yang dibentuk tersebut akan melakukan pengawalan pada proses pendistribusian bantuan sosial mulai dari awal hingga dipastikan bangun tersebut sampai kepada korban yang terkena bencana alam.

“Ini untuk mencegah timbulnya tindak pidana korupsi. Supaya bantuannya betul-betul sampai ke masyarakat,” bebernya.

Dimana, kata Dicky, satgas tersebut akan terus melakukan pengawalan hingga bantuan benar-benar sampai ke masyarakat.

“Kita akan cek bantuan tersebut dari mana dalam bentuk apa uang atau barang kemudian kita lakukan verifikasi ke mana bantuan itu salurkan dan memastikan bantuan itu sampai di korban bencana alam atau tidak,” pungkasnya.(*)