Sebuah mobil pete-pete (angkutan) yang melintas di Batukaropa, Kecamatan Rilau Ale, ditimpa tiang listrik karena cuaca ekstrem, Selasa (29/1/2019)
#

Angin Kencang Landa Bulukumba, Sejumlah Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

Selasa, 29 Januari 2019 | 23:30 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Cuaca ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang melanda Kabupaten Bulukumba akhir-akhir ini, menyebabkan sejumlah pohon pelindung tumbang dan tiang listrik roboh. Bahkan, sebuah mobil pete-pete (angkutan) yang melintas di Batukaropa, Kecamatan Rilau Ale, ditimpa tiang listrik karena cuaca ekstrem, Selasa (29/1/2019).

Personel BPBD Bulukumba Muhammad Yusuf mengungkap, sedikitnya 4 titik di berbagai wilayah di Bulukumba, pohon di median jalan tumbang. Yakni, Pabbentengan Desa Bontobangun, Dusun Katangka Desa batukaropa, dan Dusun Panasa Desa Karama serta di Kelurahan Jalanjang, tepatnya di perbatasan Bulukumba dan Bantaeng.

“Puting beliung juga menimpa Desa Batukaropa yang menyebabkan beberapa rumah rusak, pohon tumbang, dan tiang listrik roboh lalu menimpa mini bus yang sedang melintas,” ujar Yusuf.



Di Dusun Katangka, mobil pete-pete berwarna putih dengan nomor polisi DD 1796 HC yang dikendarai Asdar warga Desa Salassae, Kecamatan Bulukumpa dihantam tiang listrik saat sedang melintas.

Sedangkan di poros trans Sulawesi tepatnya Kelurahan Jalanjang sempat terjadi kemacetan cukup panjang. Itu terjadi karena sebuah pohon berukuran besar tumbang dan menutup seluruh badan jalan. 

Dari laporan warga, sejumlah rumah juga rusak di Dusun Kapasa, Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe karena diterpa angin. Termasuk pohon yang melintang di jalan karena tersapu angin kencang.(*)