Deklarasi sekaligus sosialisasi program Layak Anak di ruang pola Kantor Bupati Bulukumba, Selasa (29/1/2019)
#

Bupati Apresiasi Deklarasi Bulukumba Layak Anak Hingga Desa dan Kelurahan

Selasa, 29 Januari 2019 | 22:07 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Kabupaten Bulukumba melakukan pengawalan terkait kehidupan layak anak yang juga dilakukan di seluruh desa dan kelurahan di daerah ini. Upaya tersebut dideklarasikan sekaligus sosialisasi program tersebut di ruang pola Kantor Bupati, Selasa (29/1/2019).

Kepala DPPA Umrah Aswani, mengungkapkan maksud dari kegiatan tersebut untuk memotivasi dan mendorong terwujudnya desa dan kelurahan layak anak yang mampu mempromosikan, melindungi, memenuhi, dan menghormati hak-hak anak.

“Kita ingin kepedulian dan upaya konkrit dari aparat desa kelurahan, keluarga dan masyarakat untuk mewujudkan pembangunan desa kelurahan yang menjamin pemenuhan hak anak,” ucap Umrah Aswani.

Dalam pembangunan desa, lanjut Umrah seharusnya memperhatikan kebutuhan aspirasi dan kepentingan terbaik bagi anak dan tidak ada diskriminasi. “Anak adalah generasi penerus dan pelanjut. Untuk itu penting memberikan perlindungan dan pemenuhan hak-haknya di berbagai sektor,” pintanya.



Sementara itu, Bupati AM Sukri Sappewali yang mengawali penandatanganan Deklarasi Desa Kelurahan Layak Anak mengapresiasi kegiatan tersebut. Dikatakannya, Kabupaten Layak Anak harus diperluas lagi cakupannya ke seluruh wilayah desa dan kelurahan, sehingga semua pihak dapat memperhatikan pemenuhan hak anak-anak.

“Bukan cuma di desa dan kelurahan, namun kita berharap gerakan ini termasuk Sekolah Ramah Anak, puskesmas atau rumah sakit ramah anak, masjid ramah anak, dan tempat-tempat publik lainnya harus ramah anak,” kata Sukri Sappewali.(*)