Wali kota makassar, Danny Pomanto

Danny Bilang ASN Boleh Ikut Kampanye di Hari Libur

Selasa, 29 Januari 2019 | 00:03 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM–Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk bertindak netral menjelang pemilu pada April 2019 mendatang.

“Sebentar lagi kita akan menyelenggarakan agenda nasional, birokrat, ASN semua harus netral,” imbau Danny saat membawakan sambutan dalam kegiatan pelantikan Sekretaris Daerah Kota Makassar. Senin (28/1/2019)

Namun, khusus kampanye, bagi ASN tidak perlu mengajukan cuti sebab hari libur yakni Sabtu dan Minggu merupakan hak setiap individu yang telah diatur dalam Undang-undang pemilu.

“Walaupun netral, Sabtu Minggu itu hak anda yang dilindungi oleh Undang Undang Dasar (UUD). Jelas sekali dalam UUD, setiap warga negara berhak dipilih dan memilih. Bagi ASN Sabtu Minggu tidak ada larangan untuk berkampanye,” tambahnya.



Danny menambahkan, ASN bebas menentukan untuk mengikuti kampanye pilpres maupun pileg manapun saat hari libur.

“Hari libur itu, mereka bukan lagi berstatus sebagai ASN. Dia berstatus sebagai individu biasa yang berhak menyalurkan hak pilihnya. Mereka bisa menentukan di mana mereka mau ikut. Tidak ada yang melarang,” tegasnya. (*)