Ilustrasi investasi (Sumber foto: Internet)

BEI Sulsel Optimis Iklim Investasi Tetap Tumbuh di Tahun Politik

Kamis, 31 Januari 2019 | 12:05 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Bursa Efek Indonesia (BEI) Sulsel optimis suasana jelang Pemilu 2019 tidak mempengaruhi jalannya pasar modal. Terutama soal perusahaan yang akan melantai di bursa.

Kepala Kantor Perwakilan BEI Makassar, Fahmi Amirullah menyebutkan, secara historis, tahun politik memiliki korelasi positif dengan pergerakan transaksi di pasar modal.

“Sama seperti saat ini, secara umum transaksi cukup bagus terlihat dari pergerakan saham yang cukup aktif,” jelas Fahmi kepada Gosusel.com, Kamis (31/1/2019).

Saat ini, pihaknya sedang berkoordinasi dengan perusahaan penjamin pelaksana efek atau underwriter terkait berapa perusahaan yang akan melantai di bursa atau Initial Public Offering (IPO). Dia menyebutkan, sudah ada 5 perusahaan baru yang sudah melantai di bursa pada awal tahun 2019 ini.



“Kita sementara on progress. Sampai saat ini, di 2019 sudah ada 5 perusahaan baru yang melantai di bursa,” ujarnya.

Fahmi juga mengungkapkan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menargetkan sebanyak 75-100 emiten yang akan melantai di bursa efek. Ia optimis, di tahun ini bisa melampaui target sama seperti tahun 2018 sebelumnya.

“Tahun kemarin target 35 dan realisasi 57 emiten. Kami berharap iklim investasi tetap tumbuh seiring dengan optimisme tahun politik dan masyarakat bisa memanfaatkan momentum ini dengan berinvestasi di pasar modal,” pungkasnya.(*)