Bimbingan teknis penerapan aplikasi Siskeudes versi 2.0 tahun 2019 bagi aparat desa dan aparat kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara di Aula Hotel Grand Asia Makassar, Rabu (30/1/2019)

Tingkatkan Kompetensi Aparatur Pemerintah, Universitas Terbuka Berikan Solusi

Kamis, 31 Januari 2019 | 12:22 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Mutmainnah - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Sebanyak 178 aparatur pemerintah yang merupakan aparat desa dan kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, mengikuti pengenalan tentang Universitas Terbuka (UT) Makassar.

Pengenalan dilakukan langsung oleh Direktur UT Makassar, Andi Sylvana, SE, M.Si, disela-sela kegiatan bimbingan teknis penerapan aplikasi Siskeudes versi 2.0 tahun 2019 bagi aparat desa dan aparat kecamatan se-Kabupaten Luwu Utara di Aula Hotel Grand Asia Makassar, Rabu (30/1/2019).

pt-vale-indonesia

Pengenalan kampus UT Makassar dilakukan untuk memberikan gambaran kepada aparat pemerintah (aparat desa dan aparat kecamatan) yang ingin mengembangkan kompetensi atau pengetahuan dengan melanjutkan jenjang pendidikan sesuai dengan tugas dan fungsi mereka sebagai aparatur pemerintah.

‘’UT diberikan amanah oleh Kementerian Desa untuk meningkatkan kompetensi aparat pemerintah. Nah, yang kami tahu di desa sebagian besar tugasnya pengelolaan keuangan desa, sehingga perlu skill dan pengetahuan lebih. Oleh karenanya, kami hadir di sini dan menjadi salah satu alternatif bagi mereka yang ingin meningkatkan pengetahuan dengan melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi,” ungkap Direktur UT Makassar yang akrab disapa Anna.

Kegiatan itu juga dilakukan UT guna meningkatkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi di Indonesia dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ), sekaligus peningkatan sumber daya manusia (SDM), penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Disebutkan Anna, di UT mahasiswa dituntut harus belajar mandiri dan UT merupakan satu-satunya kampus yang memiliki sistem itu. Bahkan UT didapuk oleh Menristekdikti untuk menjadi cyber university.

“Kuliah di UT dituntut agar mahasiswa bisa belajar secara mandiri. Sehingga saat tamat nanti bisa menjadi lulusan yang berkompeten di bidangnya masing-masing,” jelasnya.(*)