ilustrasi nyamuk

Begini Cara Cegah Demam Berdarah Selain Gerakan 3M

Sabtu, 02 Februari 2019 | 08:52 Wita - Editor: Irwan Idris -

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang masyarakat di berbagai daerah di Indonesia, di Sulawesi Selatan tercatat sembilan orang meninggal di awal tahun 2019 karena penyakit mematikan ini.

Ada banyak cara untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk ini merupakan jenis nyamuk yang dapat membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah.

Kandidat Doktor Ilmu Kesehatan Masyarakat di Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Nur Inayah Ismaniar menjelaskan, selain dengan cara Menguras, Menutup, Mengubur (3M) yang digalakkan sejak dulu, masyarakat juga perlu memahami tindakan lain pencegahan DBD.

“Jangan tidur pagi, karena nyamuk DBD itu aktifnya pagi dan siang, atau bisa juga memasang obat nyamuk tapi jangan yang berasap,” tuturnya.

Pengajar di Sekolah Tinggi Kesehatan Pinrang ini juga mengimbau agar masyarakat tidak terbiasa menumpuk pakaian. Sebab, jelasnya, pakaian kotor akan mengundang nyamuk berdatangan dan menjadikannya sarang.

“Jangan numpuk baju, soalnya bakalan jadi sarang nyamuk juga,” tambah dia.

Terlebih, lanjut Ismaniar, kondisi lingkungan pascabanjir berpotensi memunculkan banyak genangan air yang bisa digunakan nyamuk berkembang biak.

“Kalau habis banjir itu makanya dicek di semua tempat yang kira-kita bisa jadi tempat sarang nyamuk untuk berkembang biak,” paparnya.

Selain itu, Ismaniar juga menyebut beberapa tumbuhan yang bisa ditanam untuk mencegah nyamuk datang. “Yang paling gampang itu serai, tapi efektifnya harus dibarengi dengan tindakan pencegahan, sebab jarak tanam serai biasanya agak jauh dari rumah,” papar Ino, sapaannya, Sabtu (2/1/2019).

Selain serai, juga disebutkan Ino tumbuhan lain seperti Lavender dan Zodia. “Lavender agak susah carinya, lagipula mestinya ditanam sebelum wabah DBD menyerang, karena (lavender) tidak langsung tumbuh dan berbunga juga,” sarannya.

Adapula tumbuhan Zodia yang berasal dari tergolong suku jeruk-jerukan dan merupakan tanaman endemik Indonesia yang berasal dari Papua.(*)


BACA JUGA