Pemerintah Kabupaten Bulukumba menggelar kegiatan Zikir dan Tausiah di Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT), Sabtu (2/2/2019)
#

Sambut Hari Jadi Bulukumba ke-59, Pemkab Gelar Zikir dan Tausiah

Sabtu, 02 Februari 2019 | 19:54 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kabupaten Bulukumba menggelar kegiatan Zikir dan Tausiah di Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT), Sabtu (2/2/2019). Kegiatan ini dilaksanakan dalam menyambut Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-59.

Zikir dan tausiah dihadiri ribuan jamaah dari berbagai unsur seperti Aparat Sipil Negara, anggota DPRD, Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD serta berbagai majelis taklim. 

Bupati menyampaikan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu cara untuk memaknai Hari Jadi Kabupaten Bulukumba yang ke-59. Juga sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat Allah SWT.

“Mari kita sama-sama berzikir dan berdoa, semoga daerah kita ke depan bisa lebih baik, dan terhindar dari segala musibah dan bencana,” pinta Sukri Sappewali.

Sementara itu, pembawa tausiah ustaz Usman Jasad, menyampaikan kewajiban pemerintah daerah untuk membangun dan mewujudkan kesalehan individual maupun kesalehan sosial.

Menurutnya, kebanyakan orang masih memiliki kesalehan individual dan belum memiliki kesalehan sosial. Kesalehan sosial itulah yang dicirikan sebagai masyarakat madani. 

“Jika ada orang rajin salat, namun tidak peduli kepada tetangganya, maka orang tersebut belum saleh secara sosial,” ungkap Usman Jasad.

Dirinya juga mencontohkan kehidupan masyarakat madani yang justru banyak diterapkan oleh negara-negara non muslim. Negara-negara itu menerapkan kesalehan sosial meski tidak saleh secara individual. 

Sementara negara-negara muslim banyak tidak menerapkan kesalehan sosial dengan indikator tidak adanya ketaatan pada aturan yang berlaku. 

Adapun zikir, dilakukan sebelum tausiah yang dipandu oleh tim Zikir Al Ikhlas dari Pondok Pesantren Babul Khaer Kalumeme, Bulukumba.(*)