Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse meninjau kondisi Pos Koordinasi (Poskor) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sulsel di Pusdamwil, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 10, Makassar, Sabtu (2/2/2019)

Tinjau Poskor, Ketua PW Muhammadiyah Sulsel Apresiasi Kinerja MDMC Respon Bencana

Sabtu, 02 Februari 2019 | 22:28 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulsel Prof Ambo Asse meninjau kondisi Pos Koordinasi (Poskor) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Sulsel di Pusdamwil, Jalan Perintis Kemerdekaan KM 10, Makassar, Sabtu (2/2/2019).

Dalam kunjungannya Prof Ambo Asse langsung meninjau perkembangan dan mendengarkan situasi kondisi bencana dan melihat pasokan bantuan.

Prof Ambo Asse mengatakan, sejauh ini kami melihat kinerja MDMC dalam merespon bencana di Sulsel sudah sangat luar biasa.

“Kita bersyukur MDMC dalam melakukan gerakan pertolangan penanggulangan bencana Sulsel di berbagai tempat sudah bagus,” ungkap Prof Ambo Asse.

Ia menilai bahwa apa yang dilakukan ini ikhlas semata karena Allah SWT.

“Kita bersyukur kepada Allah mereka semua bekerja dengan keadaan ikhlas melakukan gerakan ini,” tuturnya.

“Dan mampu bersinergi baik dengan lembaga lain terutama Lazismu, Majelis Kesehatan sehingga ini semua berjalan dengan baik lancar,” imbuhnya.

Lanjut, Prof Ambo Asse yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Alauddin Makassar ini yakin bahwa apa yang dirasakan masyarakat terhadap kinerja MDMC sudah baik.

“Alhamdulilah saya yakin masyarakat itu bergembira menerima pelayanan dari MDMC dan lembaga lainnya,” tuturnya.

Namun Prof Ambo Asse berharap pula ke depan bahwa perlunya sinergitas dengan pemerintah dalam bersama membantu korban bencana di Sulsel.

“Kami PWM Sulsel berharap bisa bersinergi dengan penanggulangan bencana yang dilakukan oleh pemerintah seperti namanya banjir orang membutuhkan perahu karet kerjasama dengan angkatan laut supaya mendapatkan bantuan perahu karet dan kerjasama lainnya,” harapnya.

Dengan demikian, Prof Ambo Asse yang juga Dosen Pascasarjana Unismuh Makassar ini berharap dan berdoa agar musibah dan bencana di Sulawesi Selatan berakhir.

“Kita berharap dan memohon kepada Allah agar supaya kita terhindari dari musibah, sambil berdoa juga bertobat karena namanya bencana itu juga di samping peristiwa alam juga terkadang ada kaitannya dengan perbuatan manusia itu sendiri,” tutupnya.

Sekretaris MDMC Sulsel Haeruddin Makkasau mengaku bahwa sejauh ini kami telah mengirim pasukan ke lokasi bencana Sulsel di beberapa titik.

“Mulai dari tim medis, tim psikososial, Lazismu, dan bantuan logistik lainnya,” katanya.(*)