Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, membuka Gebyar UKM, di Taman Kota (eks Pasar Lama), Sabtu (2/2)

Sambut Harlah Bulukumba, Pemkab Buat Gebyar UKM

Minggu, 03 Februari 2019 | 11:16 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Muhammad Fardi - GoSulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Koperasi dan UKM menggelar Gebyar Usaha Kecil Menengah (UKM) di Taman Kota (eks Pasar Lama) sebagai rangkaian dari peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba yang ke 59 tahun 2019.

Kadis Koperasi dan UKM Muh Taufik mengatakan kegiatan yang akan berlangsung sampai pada tanggal 4 Februari 2019 tersebut merupakan kolaborasi dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah. Dalam Gebyar UKM ini ada beberapa rangkaian kegiatan, yaitu Pasar Rakyat yang digagas Dinas Perdagangan, Lomba Menu Sehat antar Kelompok Wanita Tani yang digagas oleh Dinas Ketahanan Pangan, serta Lomba Mewarnai dan Baca Cepat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

“Kolaborasi ini untuk memeriahkan Hari Jadi Bulukumba, dimana di lokasi ini terdapat bangunan baru berupa Shelter PKL yang Insya Allah akan diresmikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan pada tanggal 4 Februari nanti,” ungkap Taufik dalam laporannya, Sabtu (2/2/2019).

Pembangunan Shelter atau lapak pedagang kaki lima tersebut, lanjut Taufik berasal dari anggaran Tugas Pembantuan Kementerian Koperasi UKM untuk dimanfaatkan oleh para pedagang kaki lima (PKL) yang tersebar di sekitar taman kota.

“Tentunya shelter ini menjadi tempat yang refresentatif dan menjadi salah satu pusat PKL, sehingga PKL tidak lagi kelihatan semrawut dan mengganggu keindahan kota,” pinta Taufik.

Bupati yang membuka acara tersebut, menyebut Gebyar UKM ini, menjadi potret atas upaya pemerintah dan masyarakat dalam menumbuhkan berbagai unit usaha beberapa tahun terakhir ini, dimana UKM di berbagai sektor memiliki kontribusi yang cukup besar dalam mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Terkait adanya pembangunan shelter PKL tersebut, Bupati meminta para pedagang untuk memelihara lapaknya, dan tetap menjaga kebersihan.

“Kalau tempatmu kotor atau rantasa, maka pembeli tidak akan tertarik untuk mengunjungi tempat ini. Makanya saya minta agar selalu menjaga kebersihan dan kenyamanan,” ungkap AM Sukri Sappewali.

Untuk memeriahkan memperkenalkan tempat tersebut agar dikunjungi warga, maka Bupati berencana menggelar nonton bareng Konser Liga Dangdut Indonesia yang akan menampilkan peserta asal Bulukumba Indah Sari pada tanggal 4 Februari nantinya.

“Kita akan gelar nonton bareng LIDA Indosiar di sini, supaya pengunjung bisa membeli dan menikmati berbagai produk makanan di tempat ini,” pinta Bupati yang disambut aplaus oleh para pedagang kaki lima.

Usai acara pembukaan, Bupati bersama Wakil Bupati dan undangan lainnya mengunjungi shelter PKL dan menikmati berbagai makanan yang dijajakan.(*)