Pemkot Makassar Latih SKPD Kelola Gaji PNS

Selasa, 12 Februari 2019 | 11:42 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) menggelar workshop Pengelolaan administrasi gaji Pemkot Makassar angkatan 1 tahun anggaran 2019. Workshop yang diikuti oleh perwakilan seluruh SKPD ini digelar di Hotel Same, Jl Pattimura Makassar, Selasa (12/2/2019).

Plt Kepala BPKA Makassar, Taslim Rasyid mengatakan bahwa workshop ini ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai mekanisme pengelolaan administrasi gaji PNS.

Hal ini sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 13 tahun 2013 yang telah memberi kewenangan kepada SKPD untuk mengelola keuangannya secara mandiri termasuk dalam pengelolaan gaji.

“Jadi SKPD merencanakan dalam bentuk RKA DPA, kemudian SKPD yang mencatat, serta melaporkan keuangan atau gaji PNS. Makanya ada yang namanya laporan keuangan setiap SKPD dalam bentuk bahwa skpd itu sentralisasi pengelolaan keuangan,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini, maka dapat mempermudah kerja SKPD dalam membuat laporan keuangan serta meningkatkan kinerja mereka.

“Workshop ini langsung praktek yakni bagaimana cara penginputan struktur gaji. Kegiatan ini juga dilakukan karena banyak pengelola atau pengurus SKPD iniĀ  orang baru jadi mereka itu dilatih agar pengelolaan gaji tidak lambat dan selesai tepat waktu,” jelasnya.(*)


BACA JUGA