Ratusan Mahasiswa KKN Reguler angkatan 60 UIN Alauddin Makassar tahun 2019, merupakan peserta KKN terbanyak di UIN Alauddin Makassar dan memecahkan rekor peserta terbanyak dari tahun sebelumnya.

Ratusan Mahasiswa UIN Alauddin Makassar Bakal KKN di Daerah Terdampak Bencana di Gowa

Rabu, 13 Februari 2019 | 12:35 Wita - Editor: Irwan AR - Reporter: Junaid - Gosulsel.com

GOWA, GOSULSEL.COM – Sebanyak 3.038 mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar akan mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan 60 tahun 2019.

“Peserta KKN kali ini capai 3.038 mahasiswa, jumlah terbesar di UIN Alauddin Makassar,” kata Kepala Biro Administasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, yang juga Ketua Panitia KKN angkatan 60 Hj Yuspiani.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Hubungan Masyarakat (Humas) UIN Alauddin Makassar, Ismi Sabariah mengatakan bahwa sekitar 436 mahasiswa akan ditempatkan di Kabupaten Gowa, khususnya daerah yang terkena dampak bencana alam.

“Rencananya untuk di Kabupaten Gowa sebanyak 436 mahasiswa yang ditempatkan di 4 kecamatan yaitu Kecamatan, Parigi, Manuju, Bungaya dan Bontonompo,” katanya, Rabu (13/2/2019).

Hal senada juga disampaikan Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat UIN Alauddin Makassar, Gazali Suyuti, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Gowa dan menempatkan mahasiswa KKN di setiap desa terkenan dampak bencana.

Mantan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Sulawesi Selatan ini juga mengatakan mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar tersebut akan ditugaskan untuk melakukan trauma healing atau pemulihan trauma kepada masayarakat yang terkena dampak bencana alam.

“Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar yang akan ditempatkan di lokasi yang terkena dampak bencana akan dibekali pengetahuan dalam melakukan trauma hiling, baik secara teknis maupun psikologis dari BNPB,” ujarnya,

Gazali Suyuti juga berharap, dengan trauma healing yang akan dilakukan oleh Mahasiswa KKN UIN Alauddin Makassar dapat membantu pemulihan korban bencana dan membangkitkan kembali semangat masyarakat.

Secara terpisah, walaupun belum ada lokasi penempatan, namun salah satu mahasiswi UIN Alauddin Makassar, Nurbaeti yang akan mengikuti program KKN mengaku siap jika akan ditempatkan di daerah yang terkena dampak bencana alam.

“Belum ada penempatan. Kalau masalah kesiapan mungkin sebagian mahasiswa siap sebagian juga tidak. Tapi kalau saya Insya Allah siap,” kata mahasiswi Jurusan Pendidikan Fisika UIN Alauddin Makassar ini.

Diketahui, Mahasiswa KKN Reguler angkatan 60 UIN Alauddin Makassar tahun 2019, merupakan peserta KKN terbanyak di UIN Alauddin Makassar dan memecahkan rekor peserta terbanyak dari tahun sebelumnya.