Bupati Bulukumba, AM Syukri menyerahkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dari Dinas Sosial kepada 1.501 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Kamis (14/2/2019)
#

AM Syukri Serahkan Bantuan PKH Bagi Warga Miskin Rp 1,8 Miliar

Kamis, 14 Februari 2019 | 17:31 Wita - Editor: Irwan AR - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Sedikitnya 1.501 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dari Dinas Sosial menerima bantuan dari pemerintah yang diserahkan secara simbolis Bupati Bulukumba, AM Sukri Sappewali, Kamis (14/2/2019) di Aula Masagena Tanete Kecamatan Bulukumpa.

Bantuan yang diperuntukkan bagi warga miskin itu merupakan triwulan pertama untuk tahun 2019 dengan besaran yang diterima bervariatif. Jumlah terkecil sebesar Rp 225 ribu dan terbesar hingga Rpi 3 juta. Besaran yang diterima setiap KPM itu mengacu dari jumlah komponen yang ditanggung.

pt-vale-indonesia

Menurut Kepala Dinas Sosial, Syarifuddin, jumlah penerima PKH di Kabupaten Bulukumba tahun 2019 sebanyak 13.423 KPM dengan jumlah anggaran sebanyak Rp.67,5 milyar lebih yang akan dicairkan dalam 4 tahap.

“Tertinggi di Kecamatan Gantarang sebanyak 9,5 milyar dengan jumlah penerima 1.911 KPM. Bantuan ini juga diperuntukkan untuk membantu biaya keperluan sekolah dan pengobatan kesehatan, termasuk untuk pemenuhan gizi bayi dan balita,” ungkap Syarifuddin.

Untuk penyalurannya, kata dia, pemerintah menggandeng Bank Mandiri. Bantuan diberikan dalam bentuk non tunai yang langsung masuk melalui rekening bank KPM. Jika dana tersebut akan dicairkan, maka petugas bank Mandiri siap di lokasi untuk penarikan menggunakan kartu ATM masing-masing.

Usai penyerahan, Bupati Bulukumba meminta agar bantuan tersebut digunakan sesuai peruntukannya. Jangan sampai bantuan sudah diterima tapi anaknya tidak sekolah.

“Sekarang tidak ada alasan anak kita tidak sekolah. Biaya sekolah sudah gratis, lalu ditambah lagi dengan bantuan untuk keperluan sekolah lainnya seperti baju dan sepatu,” jelas AM Sukri di hadapan ribuan penerima PKH.

“Kami menaruh harapan besar, lewat PKH ini anak-anak dari keluarga tidak mampu dapat mengubah nasib keluarganya melalui pendidikan. Tidak ada yang tahu,, bisa jadi anak ibu bapak sekalian lebih pintar dari anak pejabat yang hadir di sini,” ucap Bupati.

Andi Sukri menyemangati para keluarga penerima PKH untuk selalu optimis menjalani hidup, sehingga kelak kehidupan rumah tangga bisa lebih baik.

Sementara salah satu KPM, Darma (60) asal Keluraham Tanete merasa bersyukur menerima bantuan tersebut. Ia mengaku tahap pertama menerima Rp 700 ribu untuk keperluan anaknya yang masih kelas V SD.

“Ini sangat membantu, apalagi kodong saya ji yang menafkahi keluarga dengan memelihara sapinya orang,” ujar perempuan yang ditinggal mati suaminya ini.

Pada penyerahan bantuan itu juga dihadir Wakil Ketua DPRD, Andi Zulkarnain Pangki, anggota DPRD H Bahtiar, Dandim 1411 Letkol ARM Joko Triyanto, Kepala BPS Mattaliu, Kepala Kemenag Ali Yafid serta para Camat, Kepala Desas dan Lurah. (*)


BACA JUGA