Anggota KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan

Butuh Petugas Berintegritas, KPU Bulukumba Rekrut 8.708 Anggota KPPS

Kamis, 14 Februari 2019 | 22:07 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Dari 1.244 jumlah TPS yang tersebar di sepuluh kecamatan di daeah ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bulukumba membutuhkan 8.708 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan segera direkrut. Setiap TPS akan ditempakan sebanyak tujuh anggota KPPS serta dibantu dua anggota Linmas.

Komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan mengatakan, saat ini proses rekrutmen sedang dilaksanakan di tingkat PPS. Untuk itu dia mengingatkan kepada calon anggota KPPS agar dapat mematuhi persyaratan terutama tidak tersaftar atau berafiliasi dengan partai politik ataupun menjadi tim pemenangan caleg.

“Kami berharap seluruh anggota KPPS yang direkrut nantinya tak ada yang terlibat atau berafiliasi dengan parpol dan tidak dalam posisi sebagai tim pemenangan dari calon anggota legislatif. Kami juga akan meminta tanggapan masyarakat terkait anggota KPPS yang akan direkrut setelah pengumuman,” terang Wawan, Kamis (14/2/2019).

Dia juga menjelaskan jadwal tahapan rekrutmen anggota KPPS, 4-28 Februari pengumuman dan pengambilan formulir, pendaftaran KPPS dimulai 28 Februari sampai 5 Maret.

Selanjutnya penelitian administrasi selama dua hari 6-7 Maret,  pengumuman seleksi berkas dilakukan pada 10 Maret. Kemudian meminta tanggapan masyarakat, 11 sampai 16 Maret dan pengambilan sumpah dilaksanakan 17 Maret nanti.

Menurut Wawan, pengumuman tersebut akan disampaikan kepada masyarakat agar bisa mendapatkan petugas KPPS yang berintegritas sesuai persyaratan yang dibutuhkan.

“Kami melakukan perekrutan ulang anggota KPPS karena banyak diantara mereka yang beberapa waktu lalu  bertugas pada pelaksanaan Pilkada, sekarang banyak yang sudah menjadi tim sukses caleg dan pilpres,” tutupnya.(*)


BACA JUGA