Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Rumah Tangga di Hotel Ahriani Bantaeng, Selasa (19/2/2019
#

Minimalisir Produksi Sampah Plastik, Pemkab Bantaeng Ajak Masyarakat Gunakan Tumbler

Selasa, 19 Februari 2019 | 16:15 Wita - Editor: Irwan AR - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BANTAENG, GOSULSEL.COM – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti Ilham, mengajak peserta untuk membiasakan menggunakan tumbler (wadah air minum) untuk mengurangi produksi sampah plastik.

Ajakan tersebut disampaikan ketika menjadi pembicara pada kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Berbasis Rumah Tangga di Hotel Ahriani Bantaeng, Selasa (19/2/2019). Sasarannya kaum Emak-emak yang tergabung dalam organisasi wanita di daerah ini.

pt-vale-indonesia

“Saya berharap Ibu-ibu dan Bapak-bapak yang hadir disini sudah menggunakan tumbler. Diharapkan informasi ini bisa diteruskan ke masyarakat luas,” harap isteri Bupati Bantaeng ini.

Dikatakan, penggunaan tumbler dapat dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, terlebih di tempat kerja. Dengan begitu secara perlahan dapat mengurangi penggunaan minuman sekali pakai karena fungsinya bisa diisi ulang. Selain itu juga mampu mengurangi produksi sampah plastik.

Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Bantaeng, H Abdullah Taibe menerangkan, saat ini Bantaeng menjadi salahsatu daerah di Sulsel yang telah menerapkan penggunaan tumbler. Jika semua orang melakukan hal sama, maka akan berdampak positif terhadap kenyamanan di Bantaeng.

“Mengenai penggunaan tumbler ini beberapa waktu lalu telah dilaunching Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin. Tujuannya untuk mengurangi produksi sampah plastik,” kata Abdullah Taibe.

Sementara Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin yang membuka kegiatan itu mengungkapkan, pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab bersama seluruh stakeholder dan elemen masyarakat.

“Sampah ini harus kita kelola dengan baik dan sedapat mungkin kita ingin produksi sampah khususnya dalam rumah tangga bisa bermanfaat kembali bagi masyarakat,” jelasnya. (*)