Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba menggelar pembinaan dan pelatihan budidaya rumput laut kepada puluhan petani rumput laut yang dipusatkan di rumah petani di Kelurahan Matekko Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, Jumat (22/2/2019).
#

Dinas Perikanan Bulukumba Latih 60 Petani Tingkatkan Kualitas Budidaya Rumput Laut

Jumat, 22 Februari 2019 | 17:49 Wita - Editor: Irwan Idris - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM – Dinas Perikanan Kabupaten Bulukumba menggelar pembinaan dan pelatihan budidaya rumput laut kepada puluhan petani rumput laut yang dipusatkan di rumah petani di Kelurahan Matekko Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, Jumat (22/2/2019).

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan di rumah penduduk disebabkan mereka sulit jika diundang untuk hadir di kantor karena kesibukan mereka. Pelatihan ini diikuti sebanyak 60 peserta berasal dari petani rumput laut dan nelayan.

Kadis Perikanan Bulukumba, Alfian A. Mallihungan, mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memberi pemahaman secara teknis tentang tata cara budidaya rumput laut yang baik. Kegiatan ini juga bertujuan sebagai bentuk konsolidasi dengan petani.

“Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani dalam pembudidayaan rumput laut guna mendorong peningkatan produksi dan pendapatan. Ini juga sebagai sharing pendapat terkait kendala yang ditemui petani,” ungkap Kadis Perikanan.

Menurut Alfian, kegiatan ini sebagai wadah yang tepat bagi masyarakat untuk menambah ilmu dan mengetahui tata cara budidaya ikan dan rumput laut yang disampaikan beberapa pemateri dari Dinas Perikanan.

“Melalui kegiatan ini nanti juga akan disampaikan secara teknis budidaya rumput laut, guna mendorong peningkatan produksi rumput laut serta pendapatan masyarakat itu sendiri,” jelasnya.(*)