Manisan buah (Sumber foto: Internet)

Manisan Buah, Cemilan Manis Penambah Nafsu Makan

Minggu, 24 Februari 2019 | 10:15 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Reporter: Nurfadillah Amir - Gosulsel.com

MAKASSAR, GOSULSEL.COM — Salah satu makanan manis yang cukup digemari di Indonesia yaitu manisan buah. Manisan buah di Indonesia khususnya di Makassar dibuat dari buah-buahan seperti mangga, nanas, kedondong, dan aneka buah lainnya.

Untuk membuatnya menjadi manisan, buah-buahan terlebih dulu direndam dalam larutan gula selama beberapa waktu. Manisan biasanya dimakan sebagai hidangan pelengkap untuk merangsang nafsu makan.

Manisan buah yang dijajakan seorang pedagang keliling di Kampus FBS UNM Makassar

Sekarang ini, manisan kerap dijajakan secara keliling di tempat-tempat umum. Seorang pedagang manisan keliling ditemui oleh Gosulsel.com di Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS), Universitas Negeri Makassar (UNM).

Penjual manisan yang akrab disapa Madona itu mengatakan, hampir semua jurusan sampai Pascasarjana UNM digunakan sebagai tempat jualan. “Menjual secara keliling di kampus UNM hampir semua jurusan,” ujarnya.



Madona, pedangan keliling manisan buah

Madona mengaku, dirinya mulai menjajakan jualannya dari pukul 7 pagi hingga 4 sore. Sebanyak 200 bungkus manisan dari mangga, kedondong, dan nanas menjadi modalnya berjualan setiap hari.

“Tanta Inna yang bikin, dan tahan sampai satu hari,” jelasnya saat ditemui, Kamis (21/2/2019) lalu.(*)

Reporter: Nurfadilahamir Amal/Gosulsel.com