Bupati AM Sukri Sappewali mengukuhkan pengurus Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba, di Kantor Bappeda, Selasa (26/2/2019)
#

Kembangkan Kreatifitas, Forum Anak Panrita Lopi Bulukumba Dikukuhkan

Selasa, 26 Februari 2019 | 21:37 Wita - Editor: Andi Nita Purnama - Kontributor: Asmaun - Gosulsel.com

BULUKUMBA, GOSULSEL.COM — Bupati AM Sukri Sappewali mengukuhkan pengurus Forum Anak Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba, sebagai wadah yang mengawal kegiatan-kegiatan dalam pengembangan kreatifitas anak di daerah ini. 

Kegiatan ini juga diisi berbagai acara, seperti tari-tarian, senam, dan puisi hasil karya khas anak yang tergabung dalam Forum Anak Panrita Lopi, Selasa (26/2/2019) di Kantor Bappeda. 

pt-vale-indonesia

Pengukuhan ini selain dihadiri Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Provinsi Sulawesi Selatan, juga DPPP dari empat kabupaten yaitu, Bantaeng, Sinjai, Bone dan Selayar. Selain itu hadir pula Ketua Ombudsman Perwakilan Provinsi, Subhan Djoer.

Pejabat yang mewakili DPPPA Provinsi Suciati Sapta Margani dalam sambutannya menyampaikan, daerah boleh dikatakan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) bila telah melewati level pratama, madya, nindya utama dan level terakhir yakni KLA itu sendiri.

“Tahun lalu Kabupaten Bulukumba telah mencapai Kabupaten Layak Anak level pratama. Itu baru level pertama, masih ada beberapa level yang harus dilewati untuk mencapai Kabupaten Layak Anak  sesungguhnya,” ungkap Suciati.

Dalam pemenuhan indikator KLA itu, lanjut Suciati, terbagi dalam lima klaster yaitu klaster hak sipil dan kebebasan, klaster lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, klaster pendidikan dan pemanfaatan waktu luang, klaster kesehatan dan klaster perlindungan khusus. 

Mengenai klaster pendidikan dan pemanfaatan waktu luang ini ada indikator terkait ruang bermain ramah anak, pusat informasi sahabat anak, ada kebudayaan, sanggar seni, dan ada ruang kreatifitas. “Jadi ini nanti ditujukan agar anak-anak tidak menggunakan waktu-waktu luangnya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat,” ujarnya.

Sedangkan untuk pengawasannya, imbuh dia, setiap tahun klaster akan dievaluasi dan hasil penilaiannya akan diserahkan pada peringatan Hari Anak Nasional yang akan dipusatkan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Usai pengukuhan, Bupati Bulukumba AM Sukri Sappewali, meninjau stand aspirasi dari delegasi 10 kecamatan. Di setiap stand yang berisi tulisan dan gambar-gambar aspirasi.

Bupati Sukri Sappewali didampingi Kepala Bappeda Ali Saleng dan Kepala DPPPA Bulukumba Umrah Aswani, berdialog dengan para juru bicara delegasi kecamatan.(*)