Danny Pomanto diberi gelar Karaeng Salamaka dari Karaeng Polongbangkeng, Takalar, Kamis (28/2/2019)

Danny Pomanto Resmi Bergelar Karaeng Salamaka dari Kerajaan Polongbangkeng

Kamis, 28 Februari 2019 | 23:06 Wita - Editor: Irwan Idris - Reporter: Dila Bahar - Gosulsel.com

TAKALAR, GOSULSEL.COM – Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan “Danny” Pomanto resmi bergelar Karaeng Salamaka dari kerajaan Polongbangkeng, Takalar. Gelar penghargaan ini disematkan langsung oleh kerabat kerajaan di saksikan 200 anggota legium veteran se- Kabupaten Takalar.

Di antaranya hadir Ketua Legiun Veteran Indonesia Sulawesi Selatan Brigadir Jenderal Purn. HM Bahtiar dan Ketua Legium Veteran Kabupaten Takalar, Tajuddin Karaeng Lewa, Kamis (28/2/2019).

Karaeng Salamaka sendiri merupakan nama Raja Polombangkeng ke 10. Salah satu keturunan Kerajaan Polongbangkeng yang juga mantan wakil bupati Takalar Andi Makmur Sadda menyebut pemberian gelar ini diputuskan berdasarkan hasil rembuk keluarga kerajaan termasuk anak langsung dari Karaeng Polongbangkeng 10, Karaeng Ganjang.

Penyematan gelar kehormatan ini bertepatan dengan hari wafatnya pahlawan nasional H. Padjonga Dg. Galle Karaeng Polongbangkeng dan gugurnya pahlawan nasional Ranggong Dg.Romo. Makmur mengatakan, pihaknya sengaja mengundang Wali Kota di tempat yang pernah dijadikan basis perjuangan Laskar Pemberontak Rakyat Indonesia (LAPRIS).

Sedikitnya 12 kelaskaran pernah kumpul di tempat itu sebagai bentuk perjuangan mempertahankan NKRI. Sehingga tanah bersejarah itu menjadi saksi bersama para pejuang atas disematkannya gelar Karaeng Salamaka kepada Danny Pomanto.

“Karaeng Polongbangkeng H. Panjonga Dg. Ngalle diabadikan namanya menjadi salah satu nama jalan di Makassar berkat perjuangan Wali Kota Danny Pomanto. Kami Keluarga besar pahlawan nasional Ranggong Dg. Romo dan Karaeng Padjonga Dg. Ngalle bersama veteran sepakat bahwa di momen ini memberi gelar kepada bapak Danny Pomanto sebagai Karaeng Salamaka,” ungkap Makmur.

Halaman:

BACA JUGA